Sambut Hardiknas Polinema Gelar Upacara Kenakan Pakaian Adat

Foto: Polinema Malang pakai pakaian adat gelar upacara HARDIKNAS. (Ist)

Minggu, 2 Mei 2021

Malangpariwara.com
Pada masa Pandemi ini Polinema Malang tetap melaksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) meski melalui cara berbeda yaitu Luring dan Daring.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini upacara HARDIKNAS secara luring terbatas dengan mengenakan pakaian adat yang diikuti oleh jajaran pimpinan POLINEMA, senat dan undangan, yaitu tiga perwakilan dari tiap jurusan dengan menerapkan protokol kesehatan di Graha POLINEMA pada Minggu (2/5/21).

Selain secara Luring Bersamaan waktunya juga dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan live streaming pada akun Youtube POLINEMA dan diikuti oleh 1.024 tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Politeknik Negeri Malang.

Dalam sambutannya, Direktur POLINEMA, Drs. Awan Setiawan, M.MT., M.M. menyampaikan tema HARDIKNAS “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”, menekankan Politeknik Negeri Malang untuk lebih mengarahkan kegiatan Tri Dharma Pendidikan Tinggi berbasis inovasi, sesuai dengan tren ekonomi yang akan datang.

Tema tersebut merupakan seruan bagi seluruh kalangan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi untuk berubah, berperan melihat peluang dengan mendorong kemajuan, meningkatkan kreativitas, menumbuhkan karakter dalam memaksimalkan potensi intelektual generasi muda.

Direktur berharap agar tenaga pendidik mampu memberikan pengajaran dan dukungan terbaik bagi mahasiswa sesuai dengan semangat Merdeka Belajar dan melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif agar dapat memberi manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat serta meningkatkan eksistensi Politeknik Negeri Malang sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi.

Pada kesempatan tersebut, Direktur menjelaskan bahwa pada tahun ini, POLINEMA memiliki 11 Program Studi Baru, yaitu satu di Kampus Utama, 4 prodi di PSDKU POLINEMA Kabupaten Lumajang, 3 prodi di PSDKU POLINEMA Kota Kediri dan 3 prodi di PSDKU POLINEMA Kabupaten Pamekasan yang telah siap menerima mahasiswa baru pada jalur SBMPN dan Jalur Mandiri POLINEMA.

Total prodi yang ada di POLINEMA berjumlah 43 prodi dengan jumlah mahasiswa tahun ini diperkirakan lebih dari 14 ribu mahasiswa.

Sebelas prodi baru di POLINEMA, yaitu:
Kampus Utama : D-IV Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi;
PSDKU POLINEMA Kota Kediri : D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, D-IV Teknik Elektronika, dan D-IV Keuangan;
PSDKU POLINEMA Kabupaten Lumajang : D-IV Teknologi Rekayasa Otomotif, D-III Teknologi Sipil, D-III Teknologi Informasi dan D-III Akuntansi;
PSDKU POLINEMA Kabupaten Pamekasan : D-IV Teknik Otomotif Elektronika, D-III Manajemen Informatika, dan D-IV Akuntansi Manajemen.

Direktur juga mengatakan saat ini Kemendikbud sudah menyatu menjadi Kemendikbudristek.

“Dengan adanya penggabungan ini mempermudah koordinasi antara perguruan tinggi dan pemerintah pusat khususnya untuk inovasi riset. POLINEMA mendukung adanya program-program dari Ditjen Pendidikan Vokasi seperti SMK Pusat Keunggulan,” kata Direktur.

Terkait kerja sama dengan KEK Singhasari, Direktur menjelaskan bahwa POLINEMA bekerja sama dengan KEK Singhasari dan Amazon Web Services untuk program studi Teknologi Informasi.

“Kita membuat prodi unggulan yang akan diisi oleh siswa terbaik SMK dengan beasiswa dari Provinsi dan dosen yang berasal dari politeknik dengan harapan akan ada SDM yang unggul. Prodi ini terdiri dari dua kelas dan kampusnya di KEK Singhasari,” pungkasnya.(JKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *