Semrawut Picu Kemacetan Parkir Bahu Jalan Ramayana Ditertibkan Polisi

Foto: Nampak semrawut terjadi kemacetan di jalan Merdeka Timur.( Ist)

Minggu, 2 Mei 2021

Malangpariwara.com
Kapolres Malang Kota Kombes. Pol. Leonardus Harapantua Simarmata Permata, sigap perintahkan jajarannya lakukan penertiban parkir kendaraan roda dua pemicu kemacetan di tengah kota.

Banyaknya keluhan masyarakat pengguna jalan yang terkena kemacetan di jalan Merdeka Timur depan Ramayana, memantik Kapolresta Malang untuk segera bertindak.

Jajaran Polresta Malang Kota langsung diterjunkan untuk melakukan penertiban beberapa titik lokasi parkir kendaraan bermotor yang di tengarai menjadi penyebab kemacetan.

Leo langsung memerintahkan Satuan Lalu Lintas (Sat-Lantas) Polresta Malang Kota melakukan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) di sekitar Alun-alun Kota Malang, baik di Jalan Merdeka Timur, maupun di Jalan Agus Salim, Kelurahan Kidul Dalem, Klojen.

“Saat ini (Sabtu 1/5 malam) personil Sat Lantas sudah diterjunkan untuk melakukan dikmas lantas ke Jukir,” tegasnya, saat dihubungi melalui WhatsApp, Ahad (2/5/21)

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengaku jika dirinya telah memerintahkan Dinas Perhubungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk melakukan menertibkan beberapa titik lokasi parkir yang tidak sesuai aturan.

“Langsung saya perintahkan Kepala Dishub untuk melakukan penertiban titik parkir yang berbeda di jalan yang tidak diperbolehkan ada parkir di tepi jalan,” ucapnya singkat.

Terpisah, Kepala Dishub Kota Malang, Heru Mulyono mengatakan, selama ini Dishub Pemkot Malang telah melakukan upaya-upaya untuk mengurai kemacetan di beberapa ruas jalan di Kota Malang yang kerap kali berpotensi terjadi penumpukan kendaraan.

“Dishub setiap hari Sabtu dan Ahad (Minggu) melakukan upaya mengurai kemacetan di sekitar Alun-alun. Bahkan, di beberapa ruas jalan yang kerapkali terjadi kemacetan yang diduga akibat adanya titik parkir, hanya waktunya berbeda,” katanya.

Akan tetapi, lanjut Heru, Dishub terus melakukan upaya-upaya di beberapa lokasi parkir umum yang berada di tepi jalan. Khususnya parkir yang memicu kemacetan lalu lintas.

“Petugas di lapangan sudah kami minta menertibkan. Fokus kami menertibkan parkir, sedangkan terkait PKL bukan kewenangan Dishub,” pungkasnya.

Sebagai Informasi, dalam pemberitaan sebelumnya, para pengguna jalan mengeluh, lantaran di beberapa ruas jalan di Kota Malang kerap kali padat merayap, bahkan tak jarang mengalami kemacetan.

Salah satunya di Jalan Merdeka Timur, Kelurahan Kidul Dalem, Klojen, persisnya di depan Ramayana Kota Malang, digunakan sebagai lahan parkir kendaraan roda 2 hingga dua sap yang serong sehingga memakan hampir separuh jalan.

Padahal, di ruas jalan tersebut merupakan akses jalan yang digunakan dengan sistem dua jalur, terlebih di bulan Ramadan ini, yang di setiap harinya di sebrang jalan persisnya di sebelah gedung Bank Indonesia (BI) di gunakan untuk tempat pedagang kaki lima (PKL) berdagang.

Terlibat dalam penertiban ini, jajaran TNI (Koramil Klojen 0833/01)- POLRI, Satpol PP dan Dishub. (OKI/JKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *