Bentuk Karakter Mahasiswa Baru Berpikir Kritis, Fisip UB Adakan Forum Diskusi

MALANG – Mahasiswa Baru umumnya masih labil dalam bersikap itu tergantung dari apa yang diterima semasa duduk di bangku SMA.

Guna membangun karakter dan merubah mindset mahasiswa yang kritis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Brawijaya (Fisip UB) dalam PK2MABA, menggelar forum diskusi antar mahasiswa baru, Kamis (15/08/2019).

Wakil Dekan III bagian Kemahasiswaan Fisip, Akhmad Muwafik Saleh. S.SoS

Wakil Dekan III bagian Kemahasiswaan Fisip, Akhmad Muwafik Saleh. S.SoS saat di temui awak media di ruang kerjanya mengatakan bahwa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik ingin membangun sikap kritis dari mahasiswa baru khususnya kepedulian mereka terhadap lingkungan kepedulian mereka terhadap berbagai realitas sosial yang ada.

“Sikap kritis ini harus dibangun dari awal. sebab kita melihat dalam beberapa kurun terakhir ini mahasiswa itu sudah mulai melempem di dalam melihat berbagai persoalan ya saya tidak ingin mengatakan bahwa demo salah satu bentuk kritis tapi itu menjadi salah satu bentuk untuk mengapresiasikan daya nalar mereka. disaat mahasiswa sudah tidak lagi kritis maka sebenarnya matilah dunia kemahasiswaan itu,” tegas Muwafik.

Forum diskusi yang diinisiasi oleh panitia PK2MABA dan BEM ini membahas terkait polusi yang sempat terjadi di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Pemilihan debat ini dirasa tepat, agar mahasiswa baru mampu peduli dengan lingkungan sekitar.

“Mereka dibagi menjadi empat kelompok besar, nanti akan dibuka forum diskusi besar. Hasil diskusi ini menjadi rekomendasi tanjakan bahwa isu-isu lingkungan di Indonesia ini sangat penting,” ujar Pemandu forum diskusi, Rara Yunita.

Pemandu forum diskusi, Rara Yunita.

Dengan diadakannya forum diskusi bagi mahasiswa baru Fisip UB ini, diharapkan mampu membuat mahasiswa lebih berpikir kritis dan menganalisa masalah-masalah yang terjadi.

1.145 PK2MABA Fisip

Kegiatan yang masih terkait dengan pengenalan kampus ini diikuti oleh 1.145 Mahasiswa baru termasuk mahasiswa Asing.(*) ( JKW )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *