Manfaatkan Limbah Botol Plastik Sulap Kampung Jadi Hijau

Bambang Irianto 3G ajarkan warga buat vertical garden

.

TANGERANG – Meski Baru keluar dari RS menjalani rawat inap, pemilik Rumah prestasi 3G, Bambang Irianto sudah tidak sabar lagi untuk mereplikasi kampung.

“Demi tugas, walau masih agak Iemah, pagi tadi Sabtu ( 05/10/2019), saya mulai menelusuri Kampung Shaber (Sangiang Hijau Asri dan Bersih) terletak di RW 01 Kel. Periuk, Kec. Periuk, Kota Tangerang,” ujar Bambang Irianto yang biasa dipanggil pak guru oleh warga Tangerang.

Vertical garden tanaman bunga sistim potong tancep biar berkembang

.
Bambang Ir mengajari warga dengan memanfaatkan limbah plastik ( botol bekas air mineral ) dijadikan tempat menanam, bibit diperoleh dari tanaman yang ada kemudian dikembang biakkan.

“Akhirnya kampung ini nampak asri, sejuk dan bersih. Kampung Shaber sedang saya replikasi menjadi Kampung Proklim,” jelas Bambang Ir.

.
Sakit, capek hilang setelah melihat kemajuan kampung yang di replikasi.
“Melihat pemandangan hijau segar bersih menjadi obat tersendiri bagi Bambang Ir.

.
Warga Shaber (Sangiang Hijau Asri dan Bersih) terletak di RW 01 Kel. Periuk, Kec. Periuk, Kota Tangerang sangat senang kedatangan sang guru Bambang.

.
Ditemani Lurah Priuk Ibu Ibu kader PKK Shaber sangat antusias mendengarkan arahan penerima Kalpataru Pembina Lingkungan ini.

.
Apa yang di ajarkan apa yang dicontohkan penggagas rumah prestasi 3g di Karyatimur Malang ini langsung di laksanakan warga.

.
Menurut Bambang, minim lahan kosong tidak usah bingung, buatlah lahan vertical garden dengan memanfaatkan botol bekas sebagai tempat menanam.

.
“Memang sedang populer beberapa saat ini. Di samping mendukung gerakan sadar lingkungan, penataannya yang secara vertical pada tembok bangunan pun dapat membuat ruang tampak lebih efisien. Di samping itu, cara membuat vertical garden dari botol bekas sangatlah mudah, terlebih tidak membutuhkan banyak biaya,” ungkap Bambang Ir kepada kader PKK Shaber.

.
Jenis tanaman yang cocok ditanam di vertical garden pun beragam, tidak hanya tanaman hias yang mengandung unsur estetika atau keindahan, namun jenis tanaman sayur-sayuran seperti selada, bayam, sawi, atau kangkung pun sangat cocok dibudidayakan secara vertical garden.

.
“Bahkan beberapa tanaman seperti tomat atau lombok juga dapat ditanam pada media ini,” pungkas Bambang Irianto.(*) ( JKW )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *