Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia

Dandin 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson M. PICT diacara hari santri

.

.
MALANG – Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson M. PICT, beserta ibu menghadiri Apel Hari Santri Nasional bertempat di Balaikota Malang Jl. Tugu Kec. Klojen Kota Malang.

Bertindak sebagai Pembina Apel, WaliKota Malang Drs. Sutiaji, yang dihadiri sekitar 1000 orang. Selasa (22/10/2019).

.
Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober ini, diperingati bersama di Balai Kota Malang. Turut hadir pada peringatan hari santri, Walikota Malang Drs. H. Sutiaji; Kapolres Malang Kota AKBP Doni Alexsander SIK. MH ; Ketua Tanfidziah PCNU Kota Malang KH. Isroqunajah; Wakil Ketua9 MUI Kota Malang KH. Drs. Chamzawi; Pengasuh Ponpes Al Hikam Kota Malang Gus Hilman Wadji; Ketua Muhamadiyah Kota Malang KH Abdul. Harris; Ketua FKUB Kota Malang KH.Taufik Kusuma; Pengasuh Ponpes Darun Nun Malang Muhammad Ihsan Kamaluzzama; Anggota DPRD Kota Malang; Ka OPD Pemkot Malang; Para Camat Se Kota Malang dan Tamu undangan lainnya.

.
Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Pimpinan apel Walikota Malang Drs.H. Sutiaji menyampaikan saudara-saudara santri di seluruh Tanah Air yang saya banggakan, dalam suasana memperingati Hari Santri tanggal 22 Oktober 2019, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, semoga rahmat, berkat, dan perlindungannya senantiasa menyertai kita semua.

.
Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai
Hari Santri, penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

.
Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

.
Sejak Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema
yang berbeda. Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema “Dari Pesantren untuk Indonesia”, tahun 2017 “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”, dan tahun 2018″Bersama Santri Damailah Negeri”.

.
Meneruskan tema tahun 2018, peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

.
Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama.

.
Secara terpisah Dandim 0833, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, saya atas nama Kodim 0833/Kota Malang, sangat mengapresiasi kegiatan ini semoga dengan terselenggarannya kegiatan ini hubungan silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik bersama para ulama dan santri akan lebih erat lagi dan sinergitas antara TNI dan Ulama serta santri akan semakin kokoh. Bersama Ulama dan Santri TNI akan semakin kuat. (*) ( JKW )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *