Pasiter Kodim 0833/Kota Malang Tutup Perjusa Saka Wira Kartika


MALANG – Dandim 0833/Kota Malang diwakili Pasiter Kodim 0833 Kapten Kav. Wartoyo menjadi Irup pada Upacara Penutupan Perjusa (Perkemahan Jum’at malam Sabtu) Saka Wira Kartika yang diselenggarakan oleh Kodim 0833/Kota Malang, di lapangan Brawijaya Rampal Malang. Sabtu (16/11/2019).

.
Kegiatan Persjusa Saka Wira Kartika melibatkan 110 orang peserta Pramuka yang merupakan binaan Kodim 0833/Kota Malang sebagai rangkaian dari kegiatan Pembinaan Teritorial Terpadu atau Binter Terpadu Kodim 0833/Kota Malang pada Tahun Anggaran 2019 ini.

.
Dalam Amanatnya, Dandim 0833/Kota Malang yang dibacakan Pasiterdim 0833 selaku Irup mengatakan melalui satuan karya Pramuka disingkat Saka adalah organisasi pendukung gerakan Pramuka pakai wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka penegak dan pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan, melalui saka Wira Kartika kegiatan pramuka penegak dan Pramuka pandega guna meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan sebagai ideologi bangsa untuk berbakti serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dengan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

.
Pramuka Saka Wira Kartika bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan persaudaraan dan gotong royong dalam segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara perorangan maupun kelompok dengan berbagai kriteria yang telah diberikan oleh kakak-kakak pembina.

.
“Ilmu yang kalian peroleh selama mengikuti kegiatan pramuka saka Wira Kartika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi pribadi-pribadi yang handal sebagai generasi muda Harapan Bangsa dan mampu membawa nama negara kesatuan Republik Indonesia di kancah dunia internasional, kalian jangan pernah terpengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia”, jelasnya.

.
Ada beberapa hal yang perlu untuk dipedomani diantaranya, Pertama, tingkatkan dan kualitas Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter generasi muda. Kedua, ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat bela negara. Ketiga, kokohkan persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keempat, amalkan Satya dan Dharma Pramuka yang merupakan inti dari gerakan Pramuka.  Kelima, galang terus persaudaraan dan persahabatan diantara sesama anggota Pramuka sebagai bekal memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan. 

.
Selesai Upacara Penutupan Perjusa dilanjutkan dengan memberikan apresiasi berupa piala kepada peserta terbaik dan piagam penghargaan kepada semua peserta Perjusa.(*) ( JKW )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *