HPN, PWI Malang Raya Beri Pelatihan Jurnalistik Anggota TNI POLRI

Suasana pelaksanaan pelatihan jurnalistik bagi anggota Polresta Malang Kota dan Kodim 0833/Kota Malang.
.

MALANG – Dalam rangka kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, gelar pelatihan Jurnalistik bagi anggota TNI POLRI yang dikuti Koramil Kodim serta Polsek se Polres Malang Kota.

.
Kegiatan pelatihan yang diikuti Puluhan peserta ini digelar di ruang Eksekutif, Mapolresta Malang Kota, Jumat (21/2/2020).

.
Materi yang diberikan pada kegiatan pelatihan ini meliputi; pengetahuan tentang kode etik jurnalistik dan Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

.
Dalam pelatihan jurnalistik tersebut menghadirkan narasumber Ketua PWI Malang Raya, Ariful Huda, pengurus PWI Malang Raya Bidang Pendidikan, Noordin Djihad, Pewarta Foto (PFI) Guest Gesang.

.
“Kegiatan pelatihan jurnalistik ini, selain dalam rangka memperingati HPN juga sebagai tidak lanjut dari permintaan Kapolresta Malang Kota untuk memberikan pelatihan bagi para anggotanya,” ungkap Ketua PWI Malang Raya, Ariful Huda disela-sela kegiatan pelatihan jurnalistik Polri-TNI.

.
Dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalistik Polri-TNI seperti ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dalam tata cara penulisan dan mengelola informasi agar bisa menghasilkan suatu produk berita yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat. 

.
“Tidak saja diajarkan teori bagaimana menulis berita, selain itu juga di ajarkan tata cara dalam pengambilan foto dan Video,” tukas pria biasa dipanggil King itu.

.
Perlu diketahui, Kodim 0833 Kota Malang dan Koramil jajaran mengikutsertakan 16 orang personel untuk mengikuti pelatihan tersebut sebagai bagian untuk peningkatan kemampuan (upgrading skill) dalam hal pembuatan suatu berita dari kejadian yang ada.

.
Keseriusan upgrading skill dalam hal penulisan benar-benar ditekankan oleh Komandan Kodim 0833 kota Malang yang memberikan atensi khusus agar personel kodim 0833 dan Koramil jajarannya yang membidangi pelaporan dan pembuatan berita diwajibkan mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar oleh PWI Malang Raya ini.

.
“Harapannya dengan mengikuti pelatihan jurnalistik ini setiap personel yang membidangi penulisan berita ini bisa melaksanakan tugasnya menulis berita dengan lebih baik sesuai dengan kode etik yang berlaku,” ungkap Dandim 0833 kota Malang, Letkol Inf Tommy Anderson.

.
Sementara itu, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Leonardus Simarmata menyampaikan, dengan adanya pelatihan jurnalistik ini diharapkan dapat memberikan pengaruh pada humas Polresta Malang Kota dan Kodim/0833 untuk memberikan rilis terkait informasi dari institusi masing masing.

.
“Saya rasa humas dari polisi dan TNI ini masih belum terbiasa. Pelatihan jurnalistik ini sangat penting dan tentunya penulisan nantinya bisa lebih baik,” ungkapnya.

.
Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini, lanjut Leonardus, merupakan bentuk kerjasama antara kepolisian, TNI dan PWI untuk memperbaiki penulisan kejadian atau peristiwa sesuai dengan kode etik jurnalistik.

.
“Ini bentuk kerjasama kami dengan dandim dan PWI. Tujuannya untuk memperbaiki penulisan kejadian atau peristiwa sesuai dengan kode etik.
Untuk Humas mungkin belum terbiasa, tapi dengan ini saya rasa akan jauh lebih baik,” pungkasnya.(*)( JKW )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *