Babinsa Bandungrejosari Amankan Proses Pengecekan dan Pendataan ODP Covid-19

Foto: Babinsa kelurahan Bandungrejosari saat melakukan pendampingan dan pengamanan pendataan dan pengecekan dengan mendatangi tempat tinggal ODP

Rabu, 29 April 2020

Malangpariwara.com – Terkait adanya informasi Orang Dalam Pantauan (ODP) Virus Corona (Corona Virus Desease/Covid-19) di wilayah Bandungrejosari, petugas Puskesmas Janti melaksanakan pendataan dan pengecekan dengan mendatangi tempat tinggal ODP yang bersangkutan pagi hari tadi, Rabu (29/04/2020).

Dalam proses pendataan dan pengecekan ODP tersebut, dilakukan pula pengukuran suhu tubuh dan tensi darah serta tindakan pengukuran dengan standar medis oleh petugas dari Puskesmas Janti kota Malang.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) kelurahan Bandungrejosari Serka Daman menjelaskan, bahwa proses pendataan dan pemeriksaan kesehatan ODP tersebut sepenuhnya dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Janti Kota Malang.

“Ada Empat petugas dari Puskesmas Janti yang melakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan, termasuk di dalamnya melakukan wawancara tentang aktivitas, perjalanan dan lain sebagainya hingga pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah yang bersangkutan,” ungkap Serka Daman.

Dari hasil pemeriksaan oleh petugas Puskesmas Janti tersebut, ODP yang bersangkutan diketahui suhu tubuhnya mencapai 36.8 derajat celcius dengan tekanan darah 110/80.

“Dari hasil pendataan dan pemeriksaan warga yang berstatus ODP tersebut, untuk sementara yang bersangkutan akan melakukan isolasi mandiri di dalam tempat tinggal dengan mematuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan.Juga wajib melapor dalam kurun waktu 14 hari selama melakukan isolasi baik saat menunjukkan ada gejala ataupun tidak ada gejala Covid-19,” ungkap Serka Daman.

Sementara itu, Komandan Koramil Sukun, Kapten Kav Aan Jauhari menyampaikan pihak TNI akan tetap mendukung tim medis untuk terjun ke lapangan saat menemui adanya warga masyarakat yang terindikasi Covid-19.

“Masyarakat tetap waspada dan menjaga pola hidup bersih dan pola hidup sehat. Kenakan masker jika memang harus beraktivitas di luar rumah,” pesan Danramil Sukun kota Malang itu.

Hadir dalam proses pendataan dan pengecekan tersebut diantaranya; Bintara Pembina Desa (Babinsa) kelurahan Bandungrejosari Serka Daman dan Sertu Hardin dari Koramil Sukun kota Malang yang mendampingi selama proses pendataan beserta Ketua RW wilayah sekitar tempat tinggal ODP.( JKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *