Lebih Enam Ribu Calon Mahasiswa Ikut Seleksi di Polinema

Minggu, 13 Juni 2021

Malangpariwara.com – Sebanyak 6.052 peserta mengikut Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) POLINEMA sejak kemarin tanggal 12 hingg 15 Juni 2021 secara luring dan daring.

SBMPN tahun ini diprioritaskan untuk seluruh jenjang Diploma III dan beberapa prodi baru jenjang Diploma IV di kampus utama dan kampus PSDKU POLINEMA di Kota Kediri, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pamekasan.

“Ada beberapa prodi baru D-IV yang belum berdiri pada saat pelaksanaan SBMPTN dan SNMPTN maka ikut pada SBMPN ini,” jelas Pembantu Direktur I POLINEMA, Supriatna Adhisuwignjo, S.T., M.T.

Sebelas prodi baru di POLINEMA, yaitu:
Kampus Utama : D-IV Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi;

PSDKU POLINEMA Kota Kediri : D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, D-IV Teknik Elektronika, dan D-IV Keuangan;

PSDKU POLINEMA Kabupaten Lumajang : D-IV Teknologi Rekayasa Otomotif, D-III Teknologi Sipil, D-III Teknologi Informasi dan D-III Akuntansi;

PSDKU POLINEMA Kabupaten Pamekasan : D-IV Teknik Otomotif Elektronika, D-III Manajemen Informatika, dan D-IV Akuntansi Manajemen.

Pudir I menambahkan, tes SBMPN dilaksanakan dengan model Computer Based Test (CBT) untuk menghindari kerumunan, memudahkan peserta untuk tidak datang ke kampus dan memudahkan panitia dalam seleksi.

“Bagi peserta dari Malang Raya yang tidak memiliki fasilitas laptop dan HP, bisa mengikuti tes CBT di kampus POLINEMA dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Tes CBT luring juga dilaksanakan di kampus PSDKU Lumajang,” ujarnya.

Jumlah peminat SBMPN tahun 2021 sebanyak 7.805 pendaftar dengan jumlah peserta tes 6.052 peserta dan dibagi menjadi dua kelompok peserta online dan offline.

“Tes online diikuti oleh 5.573 peserta dan yang offline diikuti oleh 479 peserta. Tes dilaksanakan selama empat hari dan dibagi dalam tiga sesi setiap hari. Setiap sesi diikuti oleh sekitar 500 peserta,” katanya.

Pengumuman SBMPN akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2021 dan sebanyak 850 peserta yang akan lolos dalam seleksi tersebut.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketat bagi peserta luring diantaranya wajib melakukan rapid antigen dan dinyatakan negatif, sebelum memasuki ruangan tes peserta menunjukkan hasil rapid antigen, melakukan pemeriksaan suhu dan menggunakan hand sanitizer serta wajib memakai masker.

“Penempatan calon peserta dalam ruangan juga diatur dengan jumlah peserta maksimal 15 orang tiap ruangan. Sebanyak 11 laboratorium komputer yang digunakan,” kata Pudir I.

Koordinator Tim IT SBMPN POLINEMA, Ahmadi Yuli Ananta, S.T., M.M., mengatakan tes luring Bidang Rekayasa dilaksanakan hari ini dan Bidang Tata Niaga akan dilaksanakan pada Senin (13/06/21)

“Untuk yang daring, setiap hari dilaksanakan tiga sesi, setiap sesi dibuka 20 room, dan per room akan diikuti 25 peserta. Untuk tes luring di Lumajang akan dilaksanakan di dua laboratorium PSDKU Lumajang pada hari Senin,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan tes SBMPN, ada tim helpdesk dan tim pengawas bertugas untuk kelancaran pelaksanaan tes dan mengantisipasi kecurangan.

“Sebelum pelaksanaan tes juga ada tim helpdesk yang membantu peserta terkait aplikasi ujian sehingga pada pelaksanaan tes pagi ini tidak ada masalah,” tutupnya. (JKW).

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *