Lagu Lir I Lir Bawa UKM VCC ITN Malang Juarai Taipei International Choral Competition 2021 (TICC)

Foto: Lir-i-lir dan Wor untuk kategori Ethnic/ Traditional Music inilah yang membawa UKM VCC ITN Malang sabet Juara Taipei International Choral Competition 2021 (TICC).(Humas ITN)

Rabu, 28 Juli 2021

Malangpariwara.com
Rektor ITN Malang Prof. Dr.Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE apresiasi UKM PSM VCC ITN Malang sabet Youth Choir Category dengan predikat Gold Medal.

” Saya sangat Bangga meski dengan segala keterbatasannya Mahasiswa UKM PSM VOX Coeleistis Choir (VCC) ITN Malang, bisa meraih prestasi puncak bergengsi. Kami akan berikan reward bagi mahasiswa yang mengukir prestasi dan membawa harum nama ITN Malang,” ujar Rektor ITN saat gelar Zoom meeting bersama awak media,pagi tadi Rabu(28/7/21).

Sementara itu, Pembina UKM VCC ITN Malang, Vega Aditama ST, MT, dosen Teknik Sipil S-1 (alumni ITN) kepada peserta zoom menjelaskan, ajang yang diikuti UKM PSM VCC ITN Malang yaitu Taipei International Choral Competition 2021 (TICC).

” Ini Merupakan kompetisi internasional yang diselenggarakan olehnya Taipei Philharmonic Foundation, Taipei, Taiwan dan lomba diselenggarakan secara online/daring dan ditampilkan secara live dari Channel Youtube TICC pada Kamis-Minggu, 22 – 25 Juli 2021,” ungkap Vega.

Sedangkan pengumuman Award ceremony, dilaksanakan Minggu (25/7/21), Pukul 16.00 waktu Taipei.

Lomba diikuti oleh 38 tim yang terbagi dalam 13 kategori.

Negara yang ikut berlomba dari seluruh kategori diantaranya,’ Indonesia, Hongkong, Malaysia, Jepang, Polandia, Taiwan, China, Macau

Tim dari indonesia ada 4 yaitu: VOX Coeleistis Choir ITN Malang, PSM UNIV. Negeri Yogyakarta,
PSM UGM Yogyakarta
d. Pangudi Luhur Youth Choir

Vox Coeleistis Choir (VCC) ITN Malang mengikuti 2 kategori, yaitu Youth Choir berhasil menggondol prestasi Category dengan predikat Gold Medal. Sedangkan
Ethnic/Traditional Music meraup Silver Medal selain itu itu ada tambahan penghargaan yakni * Fans Faborite Award*.

Ditambah Vega dalam kompetisi ini UMK PSM VCC ITN Malang melibatkan satu tim terdiri dari 37 orang peserta/penyayi, 1 orang pianis dan 1 orang pelatih.

Untuk Pianis: Budi Susanto Yohanes (alumni ITN), Pelatih/Conductor: Supriyanto Harmanie, SS (alumni ITN), Ketua pelaksana: Nicollas Edgar Septandita Hariyanto, (Edgar) Teknik Informatika semester 6,
Pembina UKM VCC ITN Malang, Vega Aditama ST, MT, dosen Teknik Sipil S-1 (alumni ITN).

Supriyanto Harmanie, SS (alumni ITN) sang pelatih UKM PSM VCC ITN Malang mengatakan dengan segala keterbatasan sarana prasarana yang pada akhirnya, UKM PSM VCC ITN Malang memutuskan untuk mengikuti Taipei International Choral Competition 2021 (TICC) membakan 4 lagu :

“Lir-i-lir dan Wor untuk kategori Ethnic/ Traditional Music, Ego Sum Panis Vivus dan Pijar Surya Khatulistiwa untuk kategori Youth Choir,” beber Supriyanto Harmanie, SS.

Diceritakan Supriyanto, banyak kendala yang dialami ketika melakukan persiapan tim ini maju utamanya saat latihan rekaman dan venue pelaksanaan rekaman.

” Dibanding dengan tim baik dari negara lain maupun pesaing dari kampus lain di indonesia, tim kami jauh berbeda. Yang paling mencolok adalah saat perform kita masih melakukan prokes tetap mengenakan masker sementara peserta lain tidak sehingga kita tidak bisa maksimal mengeluarkan suara maupun ambil nafas. Tapi syukur Alhamdulillah justru UKM PSM VCC ITN Malang borong semua medali,” ungkapnya.

“Ini luar biasa hanya sekali latihan secara Luring karena selama ini latihan melalui virtual dan peserta tidak ada yang saling mengenal dan yang terakhir pelaksanaan mengambil rekaman saja semua semua peserta bisa hadir walaupun asal luar Jawa sampai Papua,” timpal Vega.

Bagi Simeon Rosario asal Kota Batu Malang dan Ahmad Rafi mahasiswa ITN Malang asal Medan ini menjadikan pengalaman yang tak terlupakan. Mereka mengaku sangat senang bisa bertemu teman satu tim paduan suara yang awalnya tidak saling kenal saat latihan satu bulan sekali dan terakhir rekaman. (JKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *