Capai Herd Immunity, Walikota Sutiaji Kuatkan Kerjasama dan Kolaborasi

Foto: Walikota Sutiaji saat memberikan paparan dalam webinar "Vaksinasi Sebagai Upaya Herd Immunity Menuju Kehidupan Normal(humas)

Kamis, 14 Oktober 2021

Malangpariwara.com – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, terus berupaya mendorong terwujudnya kekebalan komunal (Herd Immunity) dan berharap target 100% masyarakat Kota Malang telah tervaksin dapat tercapai di akhir tahun 2021.

Hal ini disampaikan Walikota Sutiaji saat memberikan paparan dalam webinar “Vaksinasi Sebagai Upaya Herd Immunity Menuju Kehidupan Normal” pada Kamis (14/10/21), bertempat di NCC Balaikota Malang.

“Harapannya masyarakat Kota Malang sudah tervaksin dosis satu dan dua. Target kita 100% (masyarakat telah tervaksin, red) di akhir 2021. Ini juga sudah mendekati target, karena didukung kesadaran masyarakat yang tinggi,” papar Pak Aji, sapaan akrab Walikota Malang.

Drs.H.Sutiaji(ist)

Diutarakan oleh orang nomor satu di Kota Malang itu, guna mencapai hal tersebut, perlu didorong dengan sinergi dan kolaborasi bersama dari berbagai komponen demi tercapainya kekebalan komunal di Kota Malang melalui vaksinasi. Menurutnya, negara berkapasitas untuk hadir memberikan jaminan kesehatan guna mengurangi ancaman krisis karena pandemi Covid-19.

“Bagaimana kita harus bersatu dan bersama untuk mengkolaborasikan peran serta dari seluruh komponen bangsa untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat,” tutur Walikota Sutiaji.

Webinar tersebut turut mengundang Komandan Kodim 0833, Letkol Arm. Ferdian Primadhona, Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, serta dr. Syifa Mustika, Sp.PD KGEH selaku narasumber. Dan nampak mendampingi Walikota Sutiaji, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif.

Selanjutnya, Walikota Sutiaji berharap agar kolaborasi bersama yang telah terjalin di Kota Malang dapat terus dikuatkan guna bersama memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Bicara vaksin dan vaksinasi, sinergi dengan Kapolresta, Dandim, dan jajaran nakes sudah lengkap. Tinggal bagaimana supaya kita membangun dan menguatkan kerja sama itu,” tuturnya.

Dandim 0833 Saat memberi sambutan di acara vaksinasi(ist

Sementara itu, Komandan Kodim 0833, Letkol Arm. Ferdian Primadhona mengutarakan bahwa vaksinasi menjadi benteng untuk menghadapi Covid-19 ini, karenanya jajaran Kodim 0833 turut berupaya mendukung pemerintah daerah untuk mewujudkan kekebalan komunal di Kota Malang.

“Kodim saat ini bekerjasama dengan Forkopimda, senantiasa berupaya meningkatkan vaksinasi dan menekan Covid. Ini tidak lepas dari kerjasama kita semua. Kasus Covid turun karena upaya-upaya kita bersama,” terangnya.

Sejalan, Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto menyampaikan hal yang selaras; bahwa dibutuhkan kolaborasi dan kerja sama untuk mencapai kekebalan komunal di Kota Malang.

“Pencapaian-pencapaian vaksinasi ini yang utama dapat menekan penyebaran Covid yang ada di wilayah Kota Malang. Kami dari Polresta ini merupakan bagian dari tugas kami; membantu pemerintah dalam hal ini penuntasan Covid,” paparnya.

Foto: Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah saat memberikan sambutan dan sosialisasi vaksinasi.( Ist)

Terpisah Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah juga ikut berperan dalam mengejar target Herd Immunity atau kekebalan kelompok untuk mencegah tertularnya Covid-19, di Malang Raya.

Semua elemen baik itu dari lembaga pemerintah, TNI/Polri, swasta, partai politik maupun organisasi masyarakat ikut menyelenggarakan vaksinasi.

“Hal ini memang program Pemerintah Pusat dalam mempercepat vaksinasi, agar masyarakat memiliki kekebalan tubuh, agar tidak mudah tertular Covid-19,” timpal Ahmad Basarah.

Seperti yang dilakukan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) DR Ahmad Basarah, yang sudah beberapa kali menggelar kegiatan vaksinasi di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) V Malang Raya, yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.

Dengan digelarnya vaksinasi tersebut, diharapkan masyarakat Malang Raya sudah terpenuhi vaksin, hal ini sesuai program Pemerintah Pusat.

“Alhamdulillah pada tahap pertama, dirinya sudah mendistribusi vaksin sebanyak 9000 dosis vaksin, dan begitu juga pada tahap kedua, yang kesemuanya sudah kami didistribusikan ke tiga wilayah yakni Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu,” jelas Wakil Ketua MPR RI DR Ahmad Basarah. (Djoko Winahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *