Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar’ Menjadi Tema Hardiknas

Foto: Suasana Upacara Bendera Peringatan Hardiknas 2022 di Balaikota Malang(ist)

Jum’at, 13 Mei 2022

Malangpariwara.com
Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 tergelar hari ini, bertempat di depan Balaikota Jln. Tugu No.1 Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (13/05/2022).

Mengusung tema ‘Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar’ kegiatan ini diikuti 350 peserta upacara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Walikota Malang, Sutiaji.

Dalam upacara tersebut amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, dibacakan langsung oleh Inspektur Upacara.

Disampaikan, selama dua tahun terakhir, banyak tantangan yang harus dihadapi bersama. Bahkan, mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

“Tapi hari ini adalah bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan. Lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” ujarnya.

Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar. Yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.

Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

Semua perubahan positif yang diusung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia saja. Tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui Presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20.

“Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia,” tuturnya.

Namun demikian menurutnya, ke depan masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi.

“Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar,” tandasnya.

Sementara itu, Kasdim 0833 / Kota Malang, Mayor Arm Choirul Effendy, berharap agar apa yang disampaikan dalam amanat menteri dapat pula diterapkan di Kota Malang.

“Dengan begitu semoga dunia pendidikan di Indonesia, khususnya di Kota Malang, bisa semakin baik lagi,” tandasnya.

Hadir dala upacara, Walikota Malang Sutiaji, Pangdivif 2 Kostrad diwakili oleh Aster Divisi 2/Kostrad Kolonel Inf Ade Rizal Muharram,
Danlanal Malang Kolonel Laut KH/W Dewi Lestari, S.Pd., M. Tr. Hanla., M.M.,CHRMP, Kasdim 0833/ Kota Malang Mayor Arm. Choirul Effendy,. Kapolresta Malang Kota diwakili Kasubag Hukum Iptu Didik Arif Y, Perwakilan dari lanud ABD Saleh Mayor H. Adianto, Kadisporapar Kota Malang Dr. Ida Ayu Made Wahyuni, S.H, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana, Ka. Bakesbangpol Kota Malang Dra. Rinawati, M.M, Kadishub Pemkot Malang Heru Mulyono, Kadinkes Kota Malang dr. Husnul Muarif, Kajari diwakili Kasi Intel Kajari Kota Malang Eko Budi Susanto, Jajaran OPD Se- Kota Malang serta para Camat dan lurah Se- Kota Malang, para kepala sekolah Se-Kota Malang dan tamu undangan.

Mewakili Dandim, Kasdim 0833 / Kota Malang, Mayor Arm Choirul Effendy juga turut hadir.(Djoko Winahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.