Tim Gabungan TNI POLRI Intensifkan Penyekatan Minimalisir Penyebaran PMK di Kota Malang

Selasa, 11 Juli 2022

Malangpariwara.com – Dalam rangka pengamanan PMK, Babinsa jajaran Kodim 0833/Kota Malang bersama Polri terus melaksanakan Pos Pam penyekatan dan pengendalian. Dalam rangka antisipasi dan meminimalisir persebaran Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) pada hewan ternak utamanya Sapi yang memasuki kawasan kota Malang, Selasa (12/7/2022).

Kegiatan Pos Pam operasi penyekatan dan pengendalian di wilayah Kota Malang ditempatkan di beberapa titik diantaranya Pos Pam PMK di pos lantas Klenteng Jl. Martadinata Malang, Pos Pam PMK Jl. Pertigaan Kacuk Barat, Pos Pam PMK Jl. Raya Tlogomas Terminal Landungsari, Pos Pam PMK Jl. A. Yani Utara dan Pos Pam PMK Bimbing Jl. Raden Intan Kota Malang.

Disampaikan Serma Usman Mahmudi, kegiatan operasi penyekatan dan pemantauan dilakukan pada mobil jenis truk pengangkut hewan ternak sapi. Guna mengoptimalkan pengawasan terhadap mobil jenis truk pengangkut hewan ternak sapi yang akan memasuki Kota Malang dengan tujuan untuk mencegah persebaran virus PMK masuk ke Kota Malang.

“Jadi para petugas melaksanakan pemantauan terhadap mobil jenis truk pengangkut hewan ternak sapi yang akan memasuki Kota Malang. Dilanjutkan dengan memeriksa kelengkapan dokumen maupun surat yang terkait dengan hewan ternak yang dibawa,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya penyekatan dan pemantauan ini dapat mengantisipasi dan meminimalisir penularan PMK masuk ke Kota Malang.

Lebih lanjut dihimbau bagi para peternak dan penjual hewan ternak untuk melengkapi surat keterangan untuk menjamin kesehatan hewan ternak dalam perjalanan ke luar dan masuk Kota Malang.

“Bagi peternak/pemilik hewan ternak diharapkan lebih waspada dengan selalu menjaga kebersihan dan memperhatikan kesehatan hewan sehingga dapat secara dini mengetahui manakala terpapar penyakit PMK,” pungkasnya.( Djoko Winahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.