Dewan Amini Proyek Revitalisasi Pasar Wilis Rampung pada Bulan Desember

Proyek revitalisasi Pasar Wilis ditargetkan bisa rampung pada bulan Desember mendatang.( Djoko W)

Jum’at, 17 November 2023

Malangpariwara.com – Proyek revitalisasi Pasar Wilis ditargetkan bisa rampung pada bulan Desember mendatang. Dan menurut Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi, saat ini progres revitalisasi pasar atau kawasan Toko Buku Wilis itu sudah mencapai 80 persen.

Eko mengatakan, revitalisasi Pasar Wilis ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Sementara saat ini, yang dikerjakan terkait dengan konstruksi bangunan. Namun nantinya, akan ditambah sejumlah sarana dan prasarana (sarpras) pendukung lainnya.

“Pasar Buku Wilis bukan hanya tempat bertransaksi, tapi juga pusat literasi. Nanti wifi kita pasang, kemudian ada tempat baca, kemudian kita adakan event terkait dengan literasi. Nanti pasti kita lakukan dan akan kita atur di tahun 2024,” ujar Eko.

Penambahan sejumlah sarpras pendukung tersebut rencananya akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang. Bahkan hal tersebut juga masuk sebagai salah satu program yang akan diusulkan di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2024 mendatang.

“Kami akan melakukan perbaikan sesuai petunjuk pimpinan, termasuk peninggian rolling door untuk memastikan keamanan. Selain itu, nanti juga akan memprogramkan untuk ruang diskusi,” terang Eko.

Selain itu, dirinya juga sepakat dengan usulan yang sempat diusulkan oleh pedagang dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang dalam hal ini Arief Wahyudi SH FPKB komisi C, Bahwa Pasar Wilis harus dapat difungsikan sebagai salah satu pusat aktifitas masyarakat, terutama yang berkaitan dengan pengkaya’an literasi.

“Iya itu sepakat, makanya nanti di tahun 2024 rencananya akan kami tambah beberapa sarpras pendukung lainnya,” jelas Eko.

kawasan yang menampung sebanyak 68 kios pedagang buku itu tengah dalam proses revitalisasi(Djoko W)

Sementara itu saat ini, kawasan yang menampung sebanyak 68 kios pedagang buku itu tengah dalam proses revitalisasi. Informasi yang dikutip dari lpse.malangkota.go.id, revitalisasi area Toko Buku Wilis menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,02 Miliar.

Pedagang sendiri berharap revitalisasi tersebut bisa berdampak pada meningkatnya kunjungan hingga pendapatannya. Sebab, revitalisasi sendiri memang difokuskan untuk memperbaiki beberapa kerusakan yang banyak dikeluhkan. Seperti atap bocor atau drainase yang kurang optimal.

Namun demikian, revitalisasi bukan menjadi satu-satunya keinginan para pedagang. Sebab, hal tersebut dinilai kurang begitu menjamin pendapatan pedagang dari menjual buku bisa kembali meningkat, meskipun jumlah kunjungan diprediksi bertambah setelah area tersebut direvitalisasi.

Beberapa pedagang menginginkan ada beberapa kegiatan yang bisa digelar di area Toko Buku Wilis. Tentu kegiatan tersebut masih seputar tentang buku. Misalnya seperti forum diskusi, bedah buku atau kegiatan lain.

Sekretaris Komisi B DPRD Kota Malang Arief Wahyudi SH menyambut baik dan mendorong Pemkot Malang untuk segera menyelesaikan proyek revitalisasi Pasar Buku Wilis segera selesai dan sesuai dengan beberapa masukan dari Dewan.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *