Dandim 0833/Kota Malang Berikan Pembekalan Wasbang Kepada Ormas di Kota Malang

Rabu, 21 Februari 2024

Malangpariwara.com – Dalam upaya memperkuat wawasan kebangsaan di kalangan organisasi masyarakat (Ormas), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang menggelar acara dengan tema “Peran Strategis Ormas dalam Pembangunan”. Bertempat di Hotel Trio Indah 2, Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 1-3, Kelurahan Oro Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Rabu (21/2/2024).

Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra. Rinawati ,MM menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi dan peran ormas dalam pembangunan di Kota Malang.

“Jumlah peserta sekitar 100 orang terdiri dari ormas yang berbadan hukum dan SKT yang terdaftar di Bakesbangpol juga ada beberapa di sini yang skt-nya sudah habis masa berlakunya,” sebutnya.

Lebih lanjut, Pj Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyampaikan peran serta masyarakat dalam pembangunan nasional sudah sepatutnya untuk terus dikembangkan. Dengan upaya menumbuhkan dan memantapkan kesadaran kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Kehadiran Ormas sebagai salah satu komponen masyarakat merupakan potensi bangsa yang peranannya dapat dioptimalkan sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan,” ujarnya.

Masyarakat dapat mengawasi dan terlibat dalam kebijakan-kebijakan atau program-program pembangunan demi kepentingan publik. Disamping itu dapat juga memiliki fungsi menjaga stabilitas politik dan sosial bahkan mengenai berbagai kepentingan yang terjadi di antara kelompok masyarakat sehingga dapat meminimalisir potensi konflik sosial.

Sementara itu dalam presentasinya, Letkol Arm Aris Gunawan menyampaikan, organisasi masyarakat memiliki potensi yang besar sebagai agen perubahan sosial. Kerja sama yang baik antara Ormas dan pemerintah dapat mempercepat proses pembangunan di berbagai sektor.

“Kami dari TNI khususnya Kodim 0833/Kota Malang siap mendukung inisiatif yang konstruktif demi kemajuan bersama,” ucapnya.

Ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan.

“Untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945,” tandasnya.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *