Perbaikan Plengsengan Longsor di Tanjungrejo Ditarget Rampung 3 Bulan

Minggu, 10 Maret 2024

Malangpariwara.com – Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memperkirakan bahwa perbaikan plengsengan di RT 2 RW 12 Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun rampung dalan 3 bulan. Saat ini, plengsengan tersebut mengalami kerusakan akibat longsor pada Selasa (5/3/2024) lalu.

Informasi yang dihimpun JatimTIMES, plengesengan yang ambrol tersebut sepanjang 50 meter dengan ketinggian 9 meter. Itu artinya, ada bidang plengsengan seluas 450 meter persegi yang harus diperbaiki.

“Ya paling lama tiga bulan. Mudah mudahan tidak hujan, biar lebih cepat. Total luas 450 meter persegi,” ujar Wahyu.

Wahyu mengaku bahwa dirinya sudah berkoodinasi dengan Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur. Harapannya, perbaikan tersebut bisa dilakukan percepatan.

“Ini kan dari PU SDA Provinsi Jatim, dan masuk kedaruratan, dengan e-katalog, harapannya bisa lebih cepat. Saya sudah koordinasi dengan Dinas PU Provinsi,” terang Wahyu.

Sebagai informasi, atas peristiwa tersebut setidaknya ada 8 rumah yang terdampak. Dan 6 rumah diantaranya, dinilai darurat. Warga yang tinggal di 6 rumah itu disarankan untuk berpindah sementara waktu.

“Pak camat dan pak lurah suda menyampaikan kepada warga agar sementara, karena saya lihat juga masih tetap longsor kan, sehingga sementara tidak tinggal disana,” tutur Wahyu.

Selanjutnya, sebuah bangunan pos kamling berukuran 2×1 meter juga turut mengalami kerusakan berat. Aliran drainase sepanjang 50 meter juga turut rusak. Dan juga ada sejumlah aliran listrik yang mati.

Sementara saat ini untuk kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang juga telah menyiapkan sebanyak 15 terpal untuk menutup bidang plengsengan yang longsor.

Dan dalam waktu dekat, rencananya juga akan dipasang sesek bambu untuk menahan tanah sembari menunggu perbaikan dari Dinas PU Provinsi. Setidaknya untuk meminimalisir dampak jika terjadi longsor susulan.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *