Mekatronic dan Srikandi Team UMM Siap Dominasi Kemenangan KMHE 2019

Mekatronic dan Srikandi Team Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) disiapkan untuk berlaga di KMHE 2019 (foto; Djoko Winahyu)

MALANG – Target pertahankan jawara, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sipkan Mekatronic dan Srikandi Team Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk berlaga di KMHE 2019 Universitas Negeri Malang (UM), 24-28 September mendatang.

Tekat ini terpacu setelah
menjadi yang tercepat (juara 1) dalam gelaran Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di tahun sebelumnya, yakni dengan berhasil memecahkan rekor Asia dan dunia dengan berhasil mencatatkan hasil terbaik 335,09 KM/KWH.

Tiga tim kategori Urban Listrik diwakili oleh Mekatronic Team 1 dengan Mobil Genetro (Urban Electric Vehicle) U.E.V. 06, di kategori Prototype Listrik LSO diwakili oleh Mekatronic Team 2 dengan mobil prototype Barqun Speed Electric Vehicle (E.V.) 04. Sementara di kategori Urban Gasoline diwakili oleh tim wanita Srikandi Team dengan Mobil Hrusangkali untuk kedua kalinya.

.
Untuk sepesifikasi dari Prototype Listrik, bodi terbuat dari carbon fiber, sasis dari alumunium dan ditenagai oleh motor listrik. Sementara untuk Urban Listrik bodi juga terbuat dari carbon fiber, sasis aluminium dan ditenagai oleh motor listrik 500 watt.

.
Sedangkan spesifikasi untuk mobil Hrusangkali yang digawangi Srikandi Team, bodi terbuat dari fiber glass, sasis dari aluminium dan bahan bakar Pertamax 92.

.
Perlu diketahui, Srikandi Team sebagai satu-satunya tim yang seluruh anggotanya terdiri dari perempuan ini pada tahun lalu memenangi penghargaan di kategori Desain dan Estetika Terbaik KMHE 2018.

.
Srikandi Team UMM dengan kendaraan Hrusangkali Evo 01 yang turun di kelas Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline ketika itu, sejak awal sudah jadi pusat perhatian tim juri dan peserta dari perguruan tinggi lain.

Tiga tim siap berlaga

.
Ketiga tim mengaku telah mempersiapkan jauh hari. “Tim Mekatronik sudah pernah berlaga dan menyabet juara 1 pada kategori Urban Listrik dan Tim srikandi meraih Desain dan Estetika terbaik tahun lalu di Universitas Negeri Padang, semoga prestasi tahun ini lebih baik dan dapat mempertahankan kemenangan” ujar Drs. Moh. Jufri, ST., MT. selaku pembina LSO Mekatronik saat pelepasan di Gedung Rektorat UMM.

“Tidak usah terbebani oleh kemenangan, karena tim kita sudah teruji di tingkat Nasional menuju ke Internasional. Selain itu, pesan saya, tidak boleh terlalu berbangga dan sombong. Harus tetap memiliki mental juara namun tetap melakukan yang terbaik,” tambah Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Ahmad Mubin MT saat sambutan di depan Gedung Rektorat UMM, Senin (23/09/2019) siang. Dihadiri anggota ketiga tim lengkap.

.
“Di UMM, iklim bersaing dan berkompetisi kita hidupkan mulai dari Rektor Cup Student Day dan sebagainya semangat untuk bersaing ada, maka tidak ada yang tidak mungkin kalau kita juga bisa seperti mereka, bukan dilihat dari sarana prasana, tapi sumber daya disini mempunyai kualitas” kata Dr., Drs., H. Joko Widodo, M.Si. selaku Asisten Rektor bidang Perencanaan dan Pengembangan Kemahasiswaan saat melaunching.

Dilanjutkan Joko, ketersediaan fasilitas penunjang di setiap proses belajar mahasiswa tidak bisa dilepaskan dari catatan raihan prestasi mahasiswa. Bagi Joko, keseriusan dan komitmen UMM untuk mencetak generasi terbaik bangsa melalui berbagai raihan prestasi di tingkat nasional bahkan internasional, juga merupakan perwujudan nyata dari tagline Kampus Putih UMM, “dari Muhammadiyah untuk Bangsa.” (*)( JKW)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *