ITB ASIA Malang, Kampus Hasil Merger Pertama Di Kota Malang

Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang, Yoyok Hari Subagiono menerima SK dari Menristekdikti lnstitut Teknologi dan Bisnis (ITB) ASIA Malang.

MALANG – Lega, senang bangga, itu yang dirasakan Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang. Pasalnya hari ini, Rabu (25/09/2019) menjadi hari yang bersejarah bagi Yayasan karena menerima SK dari Menristekdikti tentang penggabungan antara Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) ASIA Malang dengan Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) ASIA Malang, menjadi lnstitut Teknologi dan Bisnis (ITB) ASIA Malang.

.
Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) ASIA Malang berdiri berdasarkan SK Menristekdikti No. 744/KPT/l/2019 tanggal 23 Agustus 2019 yang merupakan hasil merger antara dua Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) ASIA Malang dengan Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) ASIA Malang yang berada dibawah pengelolaan Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang.

.
“ITB ASIA Malang memiliki 5 program studi S1 (Sarjana) dan 1 program studi S2 (Magister). Adapun program studi yang ada di Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang antara lain :Manajemen, program magister (S2); Manajemen, progam sarjana (S1); Akuntansi, program sarjana (S1); Teknik Informatika, program sarjana (S1); Sistem Komputer, program sarjana (S1) dan Desain Komunikasi Visual, program sarjana (S1),” ungkap Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang, Yoyok Hari Subagiono.

Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang, Yoyok Hari Subagiono.

.

Yoyok mengatakan,
Semua program studi yang ada di lnstitut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang diatas telah terakreditasi BAN-PT, mengikuti nilai akreditasi saat sebelum penggabungan, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

.
Penggabungan 2 sekolah tinggi yang dikelola oleh Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang ini, dalam rangka untuk merespon himbauan kemenristekdikti serta menyesuaikan pada permenristekdikti no. 51 tahun 2018 tentang pendirian, perubahan, pembubaran perguruan tinggi negeri, dan pendirian, perubahan, pencabutan izin Perguruan Tinggi Swasta.

.
Setelah keluarnya permenristekdikti diatas, maka ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang, Yoyok Hari Subagiono pada bulan oktober 2018 mengajukan permohonan penggabungan STMIK ASIA Malang dan STIE ASIA Malang berikut program studi yang dikelola di kedua sekolah tinggi diatas untuk menjadi lnstitut Teknologi dan Bisnis (ITB) ASIA Malang.

.
Menurut yoyok, “Alhamdulillah, setelah melalui proses penilaian dokumen dan telah divisitasi oleh tim kemenristekdikti pada tanggal 30 Juni 2019, akhirnva SK pendirian Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang, diserahkan langsung oleh kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Bapak Prof. Dr. lr. Suprapto, DEA”.

.
Dengan perubahan bentuk menjadi Institut ini, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kampus ASIA yang telah baik selama ini serta akan lebih memacu kami dalam memberikan layanan pendidikan yang terbaik bagi putra putri bangsa Indonesia khususnya masyarakat Malang Raya dan sekitarnya,” tukas Yoyok.

.
Baginya, berdirinya ITB ASIA adalah energi positif bagaimana pihaknya bisa memberikan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas.

.
Perlu diketahui, dengan berdirinya institut baru ini, wisudawan yang akan datang ijazahnya juga sudah menggunakan ijazah ITB.”Ini menurut peraturan pemerintah yang baru,” imbuh Yoyok.

.
Baginya, berdirinya ITB ASIA adalah energi positif bagaimana pihaknya bisa memberikan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. “Perlu diketahui, dengan berdirinya institut baru ini, wisudawan yang akan datang ijazahnya juga sudah menggunakan ijazah ITB, peraturan pemerintah yang baru,” imbuh Yoyok.

.
Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VII, Prof Dr Ir Suprapto DEA mengatakan, hari ini telah Lahir ITB Asia Malang, Kampus Hasil Merger Pertama di Kota Malang

Di Indonesia terdapat sekitar 4.638 perguruan tinggi untuk 268 juta rakyat Indonesia. Jumlah perguruan tinggi ini dirasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemenristekdikti) terlalu banyak.

Untuk itu, 4 tahun yang lalu Kemenristekdikti mengambil kebijakan baru agar perguruan tinggi di Indonesia dikurangi saja. Salah satu caranya, dengan cara merger atau penggabungan.

Nah, di Kota Malang, telah lahir kampus hasil merger pertama, yakni Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) ASIA Malang. ITB ASIA Malang merupakan hasil penggabungan antara Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) ASIA Malang dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ASIA Malang. Keduanya berada di bawah pengelolaan Yayasan Wahana Edukasi Cendekia Malang. “Ini langkah yang bagus mau digabung,” pungkasnya.(*) (JKW )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *