Dampingi Danrem 083/ Bdj, Dandim 0833 Kota Malang Hadiri Imlek Kebangsaan Tionghoa di Machung


MALANG – Ratusan tanu undangan ramaikan Perayaan IMLEK dalam Spirit Kebangsaan yang diprakarsai oleh Prof. Dr. Malik Fajar, M.Sc, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sekaligus mantan Rektor UMM.

Perayaan Imlek ini diadakan di Gedung Balai Pertiwi Universitas Ma Chung Malang, Sabtu (01/02/2020)

.
perayaan Imlek tahun 2020 dengan mengambil tema Imlek dengan spirit kebangsaan ini, diprakarsai oleh 5 institusi yakni Korem 083/BDJ, Polresta Malang, Kodim 0833 Kota Malang, Pemerintah Kota Malang, Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Ma Chung Malang mewakili lembaga  pendidikan, serta Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) yang mewakili etnis Tionghoa.

.
Prof. Dr. Malik Fajar, M.Sc, mengatakan, untuk merawat persatuan anak bangsa yang sedemikian heterogen, perlu digelar sebuah acara yang melibatkan seluruh pemuka lintas agama.

.
“Sengaja tema yang dipilih adalah Spirit Kebangsaan, mengingat nilai budaya bangsa Indonesia tidak pernah terlepas dari sejarah dan perkembangan masyarakat Indonesia, di waktu upaya kemerdekaan Indonesia, masyarakat keturunan Tionghoa turut serta bahu membahu merebut kemerdekaan dari penjajah,” ungkap Kol. Inf. Zainuddin, Danrem 083/BDJ.

.
“Indonesia terdiri dari berbagai suku, bangsa, agama, ras, dan tradisi yang kemudian menjadi kekuatan dan kekhasan tersendiri yang mewarnai perjalanan sebuah bangsa,” timpal Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT

.
Lebih jauh Tommy Anderson mengatakan, bahwa “Nilai kebangsaan ini perlu kita jaga dan rawat melalui pertemuan dan silaturahmi secara terus menerus, yang salah satunya dilakukan melalui perayaan IMLEK  dikemas dalam spirit kebangsaan,” pungkas Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT.

.
Sebanyak 600 tamu undangan hadir diantaranya, wakil masyarakat lintas agama, lembaga, komunitas, serta beragam etnis dan budaya, dimana beragam ciri kebangsaan Indonesia dan tradisi Tionghoa pada perayaan imlek ini menjadi momen yang istimewa bagi warga Malang, seperti Kol. Inf. Zainuddin Danrem 083/BDJ, Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT Dandim 0833 Kota Malang, Kombespol Leonardus Simarmata Kapolresta Malang, Prof. Dr. Murpin Joshua Sembiring, M. Si. Rektor Universitas Ma Chung, perwakilan Rektor UMM, Willy perwakilan Etnis Tionghoa di Malang Raya, serta para anggota FKWT (Forum Kerukunan Warga Tionghoa) yang selalu menjaga ikatan persaudaraan warga peranakan Tionghoa di Malang. ,(*) ( JKW )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *