Dosen Prodi (TOE) Jurusan Teknik Mesin Polinema, Masuk Dalam Jajaran Penulis Ilmuwan Internasional

Dr Sudarmadji, dosen prodi Teknik Otomotif Elektronik (TOE) jurusan Teknik Mesin tunjukkan bukunya didampingi Kepala UPT Percetakan dan Penerbitan, Dr Abd. Muqit, SPd, MPd

MALANG – Bangga itu yang dirasakan Civitas Akademika Politeknik Negeri Malang ketika salah satu Dosennya
masuk dalam jajaran penulis ilmuwan internasional.

Dr Sudarmadji, dosen prodi Teknik Otomotif Elektronik (TOE) jurusan Teknik Mesin, menjadi dosen Polinema pertama yang berhasil menerbitkan karya tulis di buku terbitan Inggris.

.
Dalam buku ubahan Mohsen Sheikholeslami Kandelousi tersebut, Sudarmadji menulis satu bab berjudul “Performance Evaluation Criterion of Nanofluid”.

.
Mengangkat nano fluida, karya tulisnya bersanding bersama karya 11 penulis internasional lainnya, dalam 12 bab pada buku berjudul “Microfluidics and Nanofluidics” terbitan IntechOpen, Inggris.

.
Pria kelahiran Malang, 5 Juli 1958 ini menjelaskan kepada Malangpariwara.com bahwa tulisannya dalam Buku Internasional ini mengusung berbagai macam tulisan terkait nano partikel atau nano fluida dari beberapa penulis internasional.

.
Dalam penulisannya, dia mengambil penelitian nano partikel yang dimasukkan sebagai bahan campuran air radiator mesin. Sehingga performa mesin menjadi maksimal.

.
“Kami masukkan dalam mata kuliah perpindahan panas. Penulisan dan penelitiannya kurang lebih setahun penelitiannya berkolaborasi bersama rekannya, Bambang SAP dan Santoso. Kendalanya saya harus bolak-balik mereview. Yang penting ada kemauan tinggi, sehingga mampu menyelesaikan,” tukas Sudarmadji.

.
Kepada wartawan Sudarmadji menceritakan tekatnya untuk menulis. Tak hanya sekedar kepiawaian menulis, menurutnya tulisannya harus memenuhi standar yang telah ditetapkan.

.
Standarnya memang jauh berbeda dengan standar di Indonesia, sehingga tantangannya lebih berat. Format, pola, bahasa, diksi, materi, dan lainnya, itu sangat berbeda dengan standar Indonesia.

.
“Ini semua bisa terlampaui karena ada kemauan tinggi,” ungkap Sudarmadji.

.
Memanfaatkan referensi yang luas dan tepat, serta bertanggung jawab kepada Kemenristekdikti yang telah menghibahkan anggaran untuk penulisan dan membuat artikel jurnal internasional,
Darmadji wajib melanjutkan dengan membuat buku.

.
Ditempat yang sama, Kepala UPT Percetakan dan Penerbitan, Dr Abd. Muqit, SPd, MPd , sangat mengapresiasi upaya Sudarmasji untuk ikut andil dalam penulisan di dalam bab Buku Internasional.

.
” ini akan menjadi lecutan semangat dosen lainnya untuk mengikuti jejak Sudarmadji dalam menerbitkan jurnal penelitian dan tulisannya di buku terbitan internasional,” ungkap Muqit.

.
Diceritakan Muqit, dirinya
kebetulan penulis pertama tahun 2013 di Jerman, dan 2015 di Belanda. Sedangkan Sudarmadji ini merupakan penulis internasional kedua di Polinema.

.
“Saya berharap Polinema memberikan insentif kepada Sudarmadji sebagai motivasi dan reward dosen lainnya, pasalnya menulis buku internasional itu jauh berbeda. Setidaknya, dengan berbekal pengalaman menulis buku standar nasional, lebih mudah untuk belajar mengembangkan ke level internasional,” pungkas Muqit.(*) ( JKW )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *