Minimalisir Bersinggungan Dengan Pendemo, TNI POLRI Gelar Apel Pasukan

Kamis, 14 April 2022

Malangpariwara.com – Ratusan Aktifis Cipayung Plus Kota Malang (HMI Cabang Malang, PC. PMII Kota Malang, GMNI Malang Raya, IMM Kota Malang, PKMRI Kota Malang dan GMKI Kota Malang) menggelar aksi Unjuk Rasa (Unras). Mengantisipasi kejadian tidak diinginkan, aparat keamanan TNI POLRI menggelar apel gabungan.

Kapolresta Malang Kota,.Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si.pimpin apel pasukan.(ist)

Bertempat di depan Gedung DPRD Kota Malang, Apel gabungan dipimpin langsung, Kapolresta Malang Kota,.Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si. Dalam arahannya, Kapolresta Malang Kota, menekankan agar para personel dalam mengawal jalannya aksi unjuk rasa, harus ditanamkan rasa damai dan juga aman.

“Saya minta kepada rekan sekalian untuk meyakinkan dirinya masing-masing jangan bersikap diluar kontrol atau terbawa emosi pada saat mengawal aksi,” tuturnya, Kamis (14/4/2022).

Lebih lanjut ia juga menekankan agar semua tindakan tetap dari satu rantai komando. Kemudian untuk seluruh anggota pengamanan tidak ada yang membawa senjata api dan juga tidak ada yang menimbulkan tindakan diluar perintah.

“Jangan sampai terpancing oleh massa, tidak ada perlakuan kekerasan kepada pengunjuk rasa,” tegasnya.

Mulai dari titik kumpul massa sampai dengan lokasi aksi perlu diperhatikan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan. Laksanakan pengamatan dan kewaspadaan dengan baik kemudian laporkan setiap ada hal yang janggal dan berpotensi mempunyai dampak buruk.

“Hindari pergerakan personil diluar batas aman dan juga saling body system. Setelah kegiatan kita melaksanakan konsolidasi, saya harap nanti semuanya ikut dalam apel konsolidasi,” tandasnya.

Dandim 0833/ Kota Malang, Letkol Kav Heru Wibowo Sofa S.H. M. Han(ist)

Senada Dandim 0833/ Kota Malang, Letkol Kav Heru Wibowo Sofa S.H. M. Han, berharap agar semua personil jangan sampai terpancing emosi oleh pergerakan masa.

“Semoga aksi unjuk rasa hari ini bisa berjalan aman dan kondusif,” tandasnya.

Adapun personel yang disiagakan dalam mengawal pelaksanaan aksi terdiri dari 4 SSK Polresta Malang Kota, 2 SSK Gabungan Kodim 0833/ Kota Malang dengan BKO dari Yonkav 3/AC Malang, 1 SSK Polres Kabupaten Malang, 1 SSK Polres Batu, 2 SSK PHH Satbrimob Polda Jatim, 2 Unit Tim Satbrimob Polda Jatim, 1 SST gabungan Satpol PP dan Damkar Pemkot Malang, 1 SSR Dishub Pemkot Malang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si. Dandim 0833/ Kota Malang, Letkol Kav Heru Wibowo Sofa S.H. M. Han. Kabagops Polresta Malang Kota, Kompol Supiyan. Para Danramil dan Kapolsek jajaran Kota Malang. Pasiops Kodim 0833/Kota Malang, Kapten Kav Sarmeli. Danyon Brimob Ampeldento, Kompol Yoyok. Kadishub Pemkot Malang, Heru Mulyono. Kasi Opsdal Satpol PP Kota Malang, Antonio Piera dan PJU Polresta Malang Kota.(Djoko Winahyu)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *