Pangdam V/Brawijaya Menilai Operasional RPH Kota Malang Sangat Representatif

Foto: Pangdam V/Brawijaya saat meninjau RPH Kota Malang di dampingi Wawalikota Malang (Djoko W)

Rabu, 6 Juli 2022

Malangpariwara.com – Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, mendampingi kunjungan kerja Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, MSc di Perumda Tunas Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Malang. Guna memastikan kesiapan RPH Kota Malang jelang Idul adha.

Rombongan Pangdam V/Brawijaya didampingi Wawali Kota Malang menuju lokasi RPH Kota Malang(Djoko W)

Rombongan Pangdam ini disambut Wakil Walikota Malang, Direktur RPH, dan Kadisporapar.

Ditemui usai peninjauan, Pangdam V mengatakan, operasional RPH Kota Malang selama ini sudah berjalan cukup bagus. Kondisinya juga bersih dan alur pemotongan hewan sudah sesuai prosedur yang ditetapkan.

“RPH Kota Malang sudah siap untuk membantu melaksanakan pemotongan hewan kurban. Bahkan sudah menerima pesanan untuk pemotongan hewan pada saat Idul adha. Dengan kapasitas 100 ekor per hari untuk sapi dan 150 ekor per hari untuk kambing,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Pangdam, secara umum, kasus PMK di Jawa Timur cenderung menurun. Artinya tidak seperti beberapa minggu yang lalu. Tapi tetap Jawa Timur zona merah PMK sehingga perlu penanganan yang serentak dan efektif.

Pos penyekatan Kacuk Malang (ist)

Karena itu selain mengunjungi RPH Kota Malang, Pangdam juga meninjau Pos-pos penyekatan di Kota Malang yang melibatkan berbagai instansi terkait di dalamnya. Dimana sampai dengan saat ini semua berjalan dengan lancar.

“Penanganan wabah PMK semuanya berjalan sesuai dengan instruksi dari pimpinan pemerintah pusat. Contohnya adalah kegiatan vaksinasi sampai dengan sekarang terus dilakukan,” sebutnya.

Teman-teman di lapangan telah bekerja sangat luar biasa. Baik dari TNI-POLRI dan dinas-dinas terkait lainnya.

“Intinya semua instansi terkait bekerja sama di lapangan. Semoga kita berharap PMK ini segera dapat teratasi,” tandasnya.

Tengah Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko.(Djoko W)

Senada, Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan, sesuai pantauan dari Pangdam V/Brawijaya, RPH Kota Malang sudah sangat siap untuk membantu masyarakat dalam pemotongan hewan kurban.

“Jadi kesimpulannya, kalau di RPH kapasitasnya sudah terpenuhi. Maka pemotongan kurban bisa dilakukan di tempat masing-masing, tetapi harus didampingi oleh dinas ketahanan pangan dan pertanian,” tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0833/Kota Malang
Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, berharap penyelenggaran pemotongan hewan kurban bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Semoga wabah PMK bisa segera teratasi. Tentunya dengan kerjasama yang baik dari berbagi instansi terkait,” pungkasnya.(Djoko Winahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.