Gandeng FISIP UB Ombudsman RI Akan Bangun Corner

Foto: Penandatanganan kerjasama antara FISIP UB dan Ombudsman RI ditandatangani di Jalan HR. Rasuna Said Sudirman Jakarta.(ist)

Rabu, 10 Agustus 2022

Malangpariwara.com
Ombudsman RI bekerjasama dengan FISIP UB akan membangun Ombudsman RI Corner (ORI Corner) sebagai wadah berbagai hasil penelitian dan dokumentasi terkait pelayanan publik.

Kerjasama ini diinisiasi pada acara penandatanagan kerjasama antara FISIP UB dan Ombudsman RI di Jalan HR. Rasuna Said Sudirman Jakarta kemarin pada Selasa, (9/8/22).

Dekan FISIP UB Dr. Sholih Mu’adi S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa kerjasama ini tidak hanya terkait ORI Corner. Banyak banyak hal yang bisa dikerjasamakan, “Ombudsman RI bisa menjadi tempat untuk mahasiswa dalam mempraktikkan keilmuan yang selama ini sudah didapatkan di kelas” tambahnya.

Sekretaris Jenderal Ombudsman RI Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya Ombudsman RI memiliki kantor perwakilan di seluruh Indonesia, sehingga bisa menampung banyak mahasiswa FISIP UB untuk magang.

Selain itu Sekjen Ombudsman RI berpesan bahwa ada harapan besar untuk FISIP UB supaya ikut serta mengawal kekuasaan yang ada baik tingkat pusat dan daerah. Usaha itu perlu dilakukan agar tidak terjadi penyelewengan.

Amran, Kepala Biro perencanaan dan keuangan menambahkan, bahwa dukungan akademisi perlu diwujudkan dalam pengawasan kebijakan publik. Hal ini bisa dilakukan dengan penelitian tentang apakah janji-janji yang diberikan calon pemimpin baik pusat dan daerah apakah telah dilaksanakan atau belum.

Lebih lanjut Akhmad Muwafik Saleh, M.Si Staf Ahli Dekan FISIP menyampaikan bahwa berdasar penelitiannya yang telah dilakukan, ada permasalahan mindset pelayanan publik di dinas-dinas pemerintah yang perlu diperbaiki.

Menanggapi hal tersebut, Ketua BP2M FISIP, Dr. Moch. Fauzi Said menambahkan bahwa terkait permasalahan pelayanan tersebut bisa dibuat kerjasama dalam menampung keluhan dengan melibatkan mahasiswa.

Pertemuan ini dihadiri juga oleh Dr. Hartoyo, S.H., M.Hum. Analis Kebijakan Analis Utama Ombudsman RI, Dwi Ciptaningsih, Kepala Biro Hukum, Kerjasama, dan Organisasi, Drs. Wanon Sidauruk, M.Si, Kepala Biro Humas dan TI, serta staf BP2M yaitu Novy Setia Yunas, S.IP., M.IP. dan Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom. (Djoko W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.