Babinsa Bersama Warga Gatong Royong Pugar Makam Pendiri Desa Bumiayu

Selasa, 11 Januari 2023

Malangpariwara.com – Guna melestarikan budaya adat yang sudah turun temurun dari nenek moyang, sebagai tempat yang dianggap sakrar oleh masyarakat setempat. Babinsa Koramil 0833/02 Kedungkandang Kelurahan Bumiayu Pelda Sugiantoro bersama Bhabinkamtibmas serta masyarakat melaksanakan kegiatan karya Bakti.

Berupa Pemugaran Makam Pendiri Desa Bumiayu KH. Jaya Jaelani yang berlokasi di Jalan Junggul, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Selasa (10/1/2023).

Pelda Sugiantoro menjelaskan, pemugaran kali ini difokuskan dengan melakukan perbaikan rumah makam para leluhur desa Bumiayu yang sudah mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki.

“Kegiatan ini adalah salah satu bukti nyata dalam penguatan paradigma kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sekaligus sebagai implementasi dari Binter Koramil 0833/02 Kedungkandang,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut sudah menjadi bagian dari Tugas pokok TNI AD khususnya membantu kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan. Serta menjaga tradisi kearifan lokal yang harus tetap dijaga dan dilestarikan, sebagai bentuk rasa hormat dan beban moral untuk menghargai jasa para leluhur yang telah meninggal dunia,” bebernya.

Sementara Danramil 0833/02 Kedungkandang, Kapten Kav Sarmeli mengatakan, Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial sudah tentu selalu hadir ditengah-tengah masyarakat binaannya.

“Hal ini sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat. Untuk itu peran aktif Babinsa diharapkan dapat menumbuhkan semangat gotong royong kepada masyarakat di wilayah binaannya,” tandasnya Mengakhiri.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *