FLS2N SMAN Negeri dan Swasta Kabupaten Malang Bisa Berbicara Di Level Internasional

Caption : Anny Saulina Kepala cabang Dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur membuka FLS2N ditandai dengan memukul gong, di Aula SMAN 01 Gondanglegi, Rabu (24/5/2023).(Yon)

Rabu, 24 Mei 2023

Malangpariwara.com – Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Kabupaten Malang yang digelar di SMAN Gondanglegi untuk mencetak talenta talenta yang bisa berkiprah di level Internasional, Rabu (24/5/2023).

Dra. Anny Saulina, Msi Kepala cabang dinas pendidikan Kabupaten Malang propinsi Jawa Timur mengaku, sangat bangga atas terselenggaranya Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di SMAN 01 Gondanglegi tahun 2023 .

Dalam event FLS2N ini mengajak kepada semua peserta untuk selalu semangat dalam berlomba secara sportivitas sebagai upaya pembentukan karakter generasi muda.

FLS2N sebelumnya dilaksanakan secara daring akibat adanya pandemi covid-19 sehingga kegiatan seperti ini dilakukan online selama 3 tahun ke belakang.

” Menjadi orang sukses itu tidak harus kita berprestasi di akademik, tetapi juga dari non akademik, ” tegasnya.

Harapannya, hasil yang didapatkan tahun ini bisa menjadi perwakilan ke tingkat nasional membawa nama baik Jawa Timur dan Kabupaten Malang.

Teguh Pramono, Ketua Panitia Festival Lomba Seni Siswa Nasional Kabupaten Malang menjelaskan, Kegiatan FLS2N tahun 2023 visi dan misi adalah terwujudnya peserta didik yang kreatif ,cerdas, berprestasi dan berkarakter melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya sebagai wadah untuk berkreasi yang kreatif inovatif di bidang seni.

Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bisa mengembangkan sikap siswa secara sportiv dan kompetitif peserta didik dalam menggali kearifan lokal dan menciptakan karya seni yang berbasis lokal dan Internasional.

FLS2N bagi peserta didik bisa memberikan pengalaman kompetitif kepada seluruh peserta didik dalam bidang seni budaya dan menumbuhkembangkan etos berkesenian, mencapai prestasi tinggi baik di kancah lokal nasional maupun Global.

” Ya pada intinya untuk meningkatkan kreativitas peserta didik, ” tegasnya.

Persahabatan peserta didik lintas sekolah di suatu wilayah dalam lomba ini , baik tingkat kabupaten kota tingkat provinsi tingkat nasional sebagai perwujudan profile pelajar Pancasila.

Siswa di SMA baik negeri atau swasta yang memiliki talenta di bidang seni budaya dengan ruang lingkup secara spesifik didukung penuh oleh cabang dinas wilayah kabupaten Malang dan pengawas wilayah.

” hasil yang diharapkan adalah juara yang bisa mewakili kabupaten Malang untuk bisa bertanding di tingkat provinsi Jawa Timur, “ungkapnya .

Tema FLS2N tahun 2023 adalah Merdeka Berprestasi Talenta seni menginspirasi, sistem lomba ada dua yakni lomba yang bersifat offline dan ada yang dilaksanakan secara online.

Peserta FLS2N se- Kabupaten Malang SMA negerinya ada 13 dan SMA swasta ada 20 sekolah jadi jumlah total sekolah yang mengikuti itu ada 33 peserta.

Cabang-cabang yang dilombakan itu ada sekitar 17 cabang terdiri dari bercerita, fotografi, komik digital, monolog baca puisi, menulis cerpen, jurnalistik, desain poster, cipta lagu, film pendek, gitar solo, tari kreasi menyanyi Solo, kriya anyam, debat bahasa Indonesia dan debat bahasa Inggris total seluruh peserta offline 92 peserta dan peserta online ada 244 siswa .

“Luar biasa ini karena setelah vakum pandemi dua tahun tidak digelar kegiatan yang seperti ini maka pesertanya begitu antusias dengan melibatkan 33 juri dari akademisi dan profesional yang lain, ” pungkasnya.

Angela Marici Tukan siswi SMAK Yos Sudarso asal NTT mengaku, bangga bisa mengikuti FLS2N tingkat Kabupaten Malang.

Obsesinya mengikuti lomba menyanyi Solo pertama menyanyi itu adalah merupakan suatu hobi sejak kecil dengan lomba ini bisa mengembangkan bakat dan minatnya .

“Saya berharap mendapat hasil yang bisa memuaskan bagi orang-orang yang di sekitar terutama pelatih, orang tua dan orang-orang yang di sekitar saya terutama keluarga,” pungkasnya.(Yon)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *