Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji Tandatangani Prasasti Peresmian Tower SPAM Perumda Tugu Tirta

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji Tandatangani Prasasti Peresmian Tower SPAM Perumda Tugu Tirta.(Djoko W)

Rabu, 20 September 2023

Malangpariwara.com – Penuhi Kebutuhan Air Baku, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta meresmikan Tower Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pada Rabu (20/9/2023).

SPAM tersebut memiliki kapasitas 1000 m3 dan dapat memproduksi hingga 40 liter per second (lps).

Di dampingi Sekda Direktur Perumda Tugu Tirta, Walikota Malang Sutiaji mendengarkan presentasi dari petugas Teknik PDAM (Djoko W)

Nantinya Tower SPAM Tugu Tirta digunakan untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kota Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji pun turut hadir dan menandatangani prasasti sebagai simbolis peresmian tower tersebut.

“Pemerintah terus berupaya dan memastikan kepada masyarakat supaya tidak ragu akan ketersediaan kebutuhan dasar berupa air minum. Kita mempunyai komitmen terhadap ketersediaan air baku dan air aman bagi masyarakat,” ujar Sutiaji, Rabu (20/9/2023).

Walikota Malang Drs H.Sutiaji menjawab pertanyaan sejumlah Wartawan usai meresmikan Tower SPAM Perumda Tugu Tirta.(Djoko W)

Produksi air juga telah dipastikan memenuhi syarat uji kualitas air minum sesuai Permenkes nomor 492 Tahun 2010. Tak hanya itu, Tower SPAM Tugu Tirta juga akan memenuhi kebutuhan di kawasan Kecamatan Kedungkandang, khususnya Sawojajar, Madyopuro, Lesanpuro, hingga Buring.

Tak hanya mengandalkan SPAM, kebutuhan air baku Kota Malang juga dibantu dengan pengolahan air permukaan. Terlebih saat ini Kota Malang telah melakukan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP) Bango.

“Maka air permukaan Malang itu kalo kita inovasi, sangat potensial untuk bisa mandiri. Kita dilalui lima sungai seperti di sungai bango saja sudah siap 1000 lps. Saya kira untuk bisnis plan dari Perumda sudah masuk pada 100 persen air aman,” jelas Sutiaji.

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor (Djoko W)

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor menegaskan SPAM tersebut mampu menunjang keberadaan sumber dan resevoir yang sebelumnya telah ada. Dengan demikian layanan yang tersampaikan kepada masyarakat pun lebih maksimal.

“Penyediaan air baku demi stabilitas layanan ke pelanggan masih jadi tantangan bagi Perumda Tugu Tirta,” ujar

Perumda Tugu Tirta sendiri sejak tahun 2019 telah memiliki 10 SPAM yang dikerjakan. Mulai dari SPAM Betek, Tlogomas, Tasikmadu, Joyoagung, Tidar, Mulyorejo, Sawojajar, Pisangcandi, Kebonsari, dan Merjosari yang segera tuntas.

Hadir pada peresmian pengoperasian SPAM yang terletak di halaman kantor Perumda Tugu Tirta seluruh Kepala Perangkat Daerah Kota Malang, Direktur Utama PDAM dari berbagai daerah, juga terlihat jajaran Komisi B DPRD Kota Malang sebagai mitra kerja Perumda Tugu Tirta hadir lengkap.

Arief Wahyudi selaku sekretaris komisi B merasa bersyukur dengan berfungsinya tandon SPAM yang memang seharusnya berfungsi pada pertengahan 2023 yang lalu.

Jajaran Komisi B DPRD Kota Malang kemeja Batik Berkopiah Arief Wahyudi SH sekertaris Komisi B (Foto: Djoko W)

Ketika dikonfirmasi oleh media online Malangpariwara, Arief Wahyudi (AW) menyampaikan, walaupun ada keterlambatan pengoperasian SPAM yang seharusnya bisa beroperasi pada bulan Juni 2023, AW memberikan apresiasi atas tambahan suplay air yang berasal dari SPAM ini.

“Namun demikian yang perlu mendapatkan perhatian adalah kontrol agar kualitas maupun debit airnya tetap maksimal, karena air bawah tanah itu sangat labil dan fluktuatif baik kualitas maupun debit yang dihasilkan,” tukas Legislator F PKB Kota Malang ini.

“Mudah mudahan apa yang selama ini menjadi keluhan Masyarakat terutama masalah gangguan baik air mengalir kecil maupun macet bisa terkurangi,” tandasnya mengakhiri. (Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *