Babinsa Kelurahan Penanggungan Bersama Warga Bantu Evakuasi Bangunan Roboh

Rabu, 31 Januari 2024

Malangpariwara.com – Babinsa Koramil 0833/01 Klojen Kelurahan Penanggungan, Serma Nasuka bersama dengan Bhabinkamtibmas melakukan evakuasi pada sebuah bangunan bekas pabrik gerabah yang roboh di Jl. M. Panjaitan, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, pada Rabu (31/1/2024).

Bangunan yang memiliki ukuran 6×12 meter ini runtuh diduga karena struktur yang sudah tua dan tidak kuat menahan beban. Beruntung, dalam insiden ini tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

Pemilik bangunan, Bapak Edi Hendrianto yang berumur 63 tahun, seorang karyawan swasta, warga Jl. M Panjaitan XIX/28 RT 04/05 Kel. Penanggungan, Kec. Klojen merasa sangat terpukul dengan kejadian tersebut.

Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan warga setempat berkolaborasi dalam proses evakuasi. Mereka bergerak cepat untuk mengamankan area dan melakukan pembersihan puing-puing bangunan. Agar tidak membahayakan warga sekitar serta untuk memungkinkan investigasi lebih lanjut mengenai penyebab pasti runtuhnya bangunan.

Serma Nasuka mengapresiasi respons cepat dan koordinasi antar instansi yang telah menunjukkan sinergi yang baik dalam situasi darurat.

“Walaupun tidak ada korban jiwa, peristiwa ini tetap memberikan peringatan bagi pemilik bangunan lainnya di wilayah tersebut untuk selalu memeriksa dan memastikan keamanan. Serta ketahanan struktur bangunan mereka, terutama yang telah tua dan rentan roboh,” jelasnya.

Penyebab pasti dari runtuhnya bangunan masih dalam penyelidikan pihak berwenang. Diharapkan investigasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam agar kejadian serupa tidak terulang di masa depan, tutup Babinsa.( Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *