Kegiatan Mahasiswa BIDIKSIBA (Beasiswa Pendidikan Sekitar Bukit Asam) selama Ramadhan 2024

Mahasiswa Angkatan 2023 foto bareng sebelum Berbagi Takjil Gratis di depan Polinema.(Ist)

Selasa, 22 April 2024

Malangpariwara.com
BIDIKSIBA (Beasiswa Pendidikan Sekitar Bukit Asam) merupakan bantuan beasiswa bagi siswa-siswi lulusan SLTA/sederajat yang bertempat tinggal dekat dengan kawasan operasi PT. Bukit Asam Tbk.

Pada Tahun Akademik 2023/2024 terdapat 50 mahasiswa aktif Program BIDIKSIBA di Polinema dari berbagai program studi.

Sebagai mahasiswa BIDIKSIBA, tentunya juga memiliki kegiatan dan beberapa rencana program kerja, termasuk kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan.

Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah doa bersama sebagai bentuk persiapan menyambut bulan Ramadhan.

Kegiatan doa bersama ini dilakukan secara rutin oleh mahasiswa BIDIKSIBA, karena tidak dapat pulang kampung untuk merayakan bulan suci ini bersama keluarga. Sebagai gantinya, mahasiswa BIDIKSIBA menyambut Ramadhan bersama teman-teman di tempat perantauan.

Mahasiswa BIDIKSIBA bersama WADIR 4 dan Pengurus Panti Jompo Griya Lansia Husnul Khotimah(ist)

Mahasiswa Angkatan 2023 yang Berbagi Takjil Gratis di depan Polinema (Ezar)
Kegiatan selanjutnya yaitu berbagi takjil gratis yang dilakukan di minggu kedua dan minggu ketiga bulan Ramadhan.

“Alasan berbagi takjil gratis ini karena memang sudah dilakukan di tahun sebelumnya, selain itu juga barang siapa yang memberi makan orang yang puasa di bulan Ramadhan maka akan mendapatkan kemuliaan dari-Nya,” ujar Yuan selaku mahasiswa BIDIKSIBA 2023.

Yuan juga berharap kegiatan berbagi ini dapat memotivasi orang-orang untuk berbagi dan peduli dengan sesama serta membuat masyarakat lebih mengenal BIDIKSIBA.

Kemudian pada minggu terakhir tepatnya tanggal 06 April 2024 mahasiswa BIDIKSIBA melakukan kunjungan ke Panti Jompo Griya Lansia Husnul Khotimah yang bertempat di Jl. Suropati Wajak, Area Sawah/Perkebunan, Wajak, Kec. Wajak, Kabupaten Malang.

Panti Jompo Griya Lansia menampung sekitar 130 lansia dari berbagai keadaan yang memprihatinkan. Panti ini merupakan panti jompo swasta, yang dibangun pada tahun 2019 dan diresmikan pada tahun 2021.

Kegiatan yang dilakukan selama di panti yaitu memberikan bantuan sosial berupa sembako, berkenalan dengan lansia yang ikut menyambut kedatangan mahasiswa BIDIKSIBA, dan dilanjut berkeliling melihat kamar para lansia yang sudah tidak bisa beraktivitas. Pengurus Panti Jompo Griya Lansia turut menceritakan seputar kondisi awal ditemukan para lansia dan lansia yang telah meninggal dunia.

Seluruh kegiatan yang dilakukan di bulan Ramadhan ini telah direncanakan jauh-jauh hari, serta panitia yang terlibat merupakan mahasiswa BIDIKSIBA tahun angkatan 2023 dengan bimbingan mahasiswa BIDIKSIBA tahun angkatan 2022.

Lansia yang menempati Panti Jompo Griya Lansia Husnul Khotimah(ist)

Tentunya seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan ini telah disetujui oleh pengurus BIDIKSIBA. Dari apa yang dilakukan banyak pelajaran yang dapat diambil, seperti berbagi dapat meningkatkan kepedulian dan solidaritas. Berkunjung ke panti jompo juga mengingatkan kita akan orang tua di rumah untuk terus berbakti dan menjaga dengan baik karena mereka telah membesarkan dan membimbing kita sampai saat ini.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *