KKN UMM Go Internasional di 6 Nagara

MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional.

KKN Internasional yang diikuti 97 mahasiswa ini dilaksanakan di enam negara yakni Turkey, Thailand, Malaysia, China, Kamboja & Taiwan.

Para mahasiswa akan mengabdi selama enam minggu dan menjalankan program di tiga bidang. Yakni bidang lingkungan, pendidikan dan kesehatan.

Prof. Dr. Yus Mochammad Cholily, M.Si, Direktur DPPM, menekankan para mahasiswa yang akan berangkat untuk benar-benar dapat menjadi pribadi yang bermanfaat.

Selain itu, ia juga berharap sepulangnya dari KKN, para mahasiswa dapat menjadi penggerak perubahan. “Anda memang harus keluar negeri supaya bisa bersyukur memiliki Indonesia dan UMM,” katanya saat pelepasan, Mahasiswa KKN.

Indonesia adalah surga terindah yang mesti dijaga dengan terus menggerakkan kesadaran masyarakat.

KKN di luar negeri juga memperluas wawasan. Juga menjadi proses evaluasi dan upaya perbandingan hal-hal yang dapat diterapkan di kampung halaman, Indonesia. Semisal tepat waktu, kebersihan, antre dan menepati janji. “Jangan membawa hal-hal buruk dan tidak cocok dengan kita, misal pergaulan bebas,” tutur Yus.

Bagi Guru Besar Matematika ini, UMM yang bernaung di bawah Persyarikatan Muhammadiyah telah menitipkan amanah ke masing-masing mahasiswa Kampus Putih untuk selalu bermanfaat kepada sesama. “Maka, segala perilaku adalah cermin mahasiswa Indonesia dan khususnya mahasiswa UMM,” tandas Yus.

Sementara, pada penyelenggaraan KKN Reguler semester ganjil 2019/2020, UMM melepas 4835 mahasiswa.

Dr. Sidiq Sunaryo, SH., M.Si, M.Hum, Wakil Rektor III menegaskan bahwa mahasiswa yang akan mengikuti KKN diharapkan dapat menjaga nama baik Kampus Putih, menjaga kedisiplinan dan menghargai waktu. (JKW)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *