Jelajah Negeri, Roadshow Bus Antikorupsi KPK Singgah ke Kota Malang, Dispendukcapil Buka Layanan

Rute roadshow KPK menggunakan bus antikorupsi yang akan berkeliling ke 28 kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah.

MALANG – Dalam rangka menumbuhkan rasa antikorupsi di kalangan masyarakat, KPK menyelenggarakan roadshow menggunakan bus antikorupsi yang akan berkeliling ke 28 kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah. Roadshow menggunakan sarana bus ini juga dapat menjadi simbol bahwa KPK tidak hanya melakukan penindakan, tetapi juga pencegahan dan pendidikan.

Kota Malang, menjadi salah satu kota yang ke 21 setelah Lumajang yang akan menjadi tuan rumah pada roadshow KPK kali ini. Roadshow ini akan dilaksanakan selama 3 hari di Kota Malang, mulai besok hari Jumat tanggal 6 September 2019 hingga tanggal 8 September 2019 yang jatuh pada hari Minggu.

Tahun ini roadshow Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi menawarkan menu yang lebih banyak daripada roadshow sebelumnya. Di dalam bus tidak ada deretan kursi seperti lazimnya bus angkutan. Terdapat kabin kemudi di sisi depan dan beberapa meja computer yang menjadi sarana KPK untuk mengenalkan beragam produk anti korupsi, seperti aplikasi JAGA, e-LHKPN, dan Gratifikasi Online (GOL).

Terdapat berbagai rangkaian kegiatan seru yang akan dibagi selama tiga hari. Hari pertama diisi oleh Pameran Pelayanan Publik yang akan dihadiri oleh jajaran undangan instansi yang memberikan pelayanan publik, pembekalan untuk anggota DPRD Kota Malang (yang baru terpilih), sosialisasi JAGA untuk sektor pendidikan, serta sesi kegiatan sosialisasi, menonton film pendek, dan games interaktif yang dihadiri para siswa SD-SMA sederajat.

Di sore hari akan ada diskusi publik Kota Malang yang bertempat di area bus dan Tanya Jubir KPK. Masyarakat yang ingin bertanya ke Jubir KPK dapat melakukan registrasi ke nomor 0878-7874-5430 mulai hari ini.

Pada hari kedua, roadshow akan diisi dengan kegiatan pameran pelayanan publik, sosialisasi insersi pendidikan anti korupsi untuk Guru PKN tingkat SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK, serta akan ditutup dengan pentas kesenian dan pemutaran film. Acara hari kedua ini akan seru dengan kehadiran Kelik pelipur lara mulai pukul 18.00 WIB hingga selesai di Halaman Balaikota Malang .

Roadshow bus KPK di Kota Malang ini akan berakhir pada hari Minggu, 8 September 2019 yang akan dikemas dalam bentuk kegiatan senam bersama dan sosialisasi anti korupsi yang nantinya bertempat di area CFD (Car Free Day) di Jalan Ijen.

Dinas kependudukan dan pencatatan sipil akan mengadakan kegiatan pelayanan jemput bola

Memanfaatkan momen itu, Dinas kependudukan dan pencatatan sipil akan mengadakan kegiatan pelayanan jemput bola di jalan Gajah Mada selama dua hari Jum’at dan sabtu.

Kepala Dispendukcapil Kota Malang Eny Hari Sutiarny menjelaskan bahwa untuk menindaklanjuti surat dari Sekretaris Daerah Kota Malang tanggal 27 Agustus perihal koordinasi persiapan pelaksanaan jelajah Negeri Bangsa anti korupsi di kota Malang, Dinas kependudukan dan pencatatan sipil akan mengadakan kegiatan pelayanan pengurusan kartu identitas anak atau Kia langsung jadi dan perekaman KTP elektronik yang akan dilaksanakan pada hari Jumat dan sabtu tanggal 6 sampai dengan tanggal 7 pukul 7.30 sampai selesai,” jelas Eny Hari Sutiarny.

Kepala Dispendukcapil Kota Malang Eny Hari Sutiarny

Eny menambahkan, di hari yang sama, Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota malang mengikuti pameran & pelayanan kepada masyarakat berupa: pembuatan KIA langsung jadi.

Kegiatan yang dilaksanakan dua hari di jalan Gajah Mada Stand Pameran ini bertujuan ingin memberikan pelayanan prima yang maksimal bagi masyarakat Kota Malang.

“Untuk mendapatkan KIA langsung jadi masyarakat wajib mempersiapkan fotokopi akte kelahiran, fotocopy kartu keluarga (KK), membawa anak tersebut atau pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar berwarna bagi anak usia 5 tahun keatas. Sedangkan untuk perekam KTP elektronik jangan lupa bawa fotokopi kartu Keluarga,” pungkasnya.

Hari minggu tidak ada pelayanan dari Dispendukcapil hanya dilakukan senam bersama di car free day di Simpang Balapan jalan Ijen (*) ( JKW )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *