JKJT Nikahkan Massal 283 Pasangan Pengemis dan Anjal

Prosesi nikah massal

.
MALANG – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT bersama Forpimda Kota Malang menghadiri acara Nikah Massal IV, yang di selenggarakan oleh Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dengan tema “Satu atap Bhineka Tunggal Ika itu indah untuk NKRI”, yang diikuti sekitar 283 pasangan suami istri dari kalangan warga miskin, pengemis dan anak jalanan (anjal).
.
Kegiatan yang sempat menyedot perhatian masyarakat ini digelar di Pendopo Kabupaten Malang Jl. Agus Salim No.7 Kota Malang. Jum’at (8/11/2019).
.
Dalam pelaksanaannya, para peserta Kirab Nikah Massal  diberangkatkan dengan jalan kaki dan menaiki kendaraan yang didampingi para sukarelawan, dengan mengambil Start dari  Sekretariat JKJT Jl. Blitar No. 12 Kota Malang untuk selanjutnya diarak menuju Pendopo Agung Kabupaten Malang Jl. Agus Salim Kota Malang.
.
Adapun rute yang dilewati kendaraan kirab nikah massal mulai dari Jalan Blitar – menuju Jalan Bogor – Jalan Veteran – Jalan Sumbersari – Jalan Gajayana – Jalan MT. Haryono – Jalan Soekarno Hatta – Jalan Borobudur – Jalan A. Yani – Jalan Letjen S. Parman – Jalan JA Suprapto – Jalan Kahuripan – Jalan Tugu (Memutar Alun – alun Tugu) – Jalan Mojopahit – Jalan Jendral Basuki Rahmad – Jalan Perempatan Sarina – Jalan Merdeka Utara.
.
Nampak hadir dalam acara tersebut Ketua Panitia JKJT Zaenal Saefudin, Bupati Malang Drs H. M. Sanusi MM, Walikota Malang Drs H. Sutiaji, Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Zainuddin, Dandim 0818/ Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Ferri Muzawwad, Kapolres Malang Kota AKBP Doni Alexander SIK, MH,
Kapolres Kabupaten Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Sekda Kab. Malang  Ir Didik Budi Mulyono, Kepala Pengadilan Agama Kab. Malang, Kepala Pengadilan Agama Kota Malang, Kepala Kemenag Kota Malang Dr. Muhtar Hazawawi M.Ag, Kepala Kemenag Kabupaten H. Musta’in, Kepala Dispenduk Capil Kota Malang Eny Hari Sutiani MM,  Kepala Dispenduk Capil Kabupaten  Dr. ir Sri Meicharini M.M, dan
Jajaran Ka OPD Pemkab Malang.
.
Dalam Sambutannya Walikota Malang mengatakan Kami atas nama pemerintah kota Malang mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati yang telah memfasilitasi kegiatan dan kepada panitia Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur yang telah menginisiasi dan mudah-mudahan ini menjadi amal kebaikan semuanya.
.
Dengan adanya nikah massal ini, para pengantin secara administrasi negara telah resmi menikah secara agama dan negara dengan dibuktikan dokumen nikah resmi, sehingga bisa menimbulkan kepercayaan diri nya yang kuat dan membangun rumah tangganya dengan baik, Kami atas nama pemerintah Kota Malang mengucapkan selamat kepada para pengantin baru, kami do’akan sakinah mawadah warohmah .
.
Dalam pernyataannya Humas JKJT Roro Ningrum menyampaikan bahwa dalam acara nikah massal ini akan dilakukan prosesi Nikah Massal ke 4 JKJT tahun 2019 secara simbolis dilanjutkan dengan penyerahan Dokumen Akta perkawinan dan dokumen kependudukan kepada pengantin perwakilan agama Islam , Kristen ,Hindu, Budha dan Aliran Kepercayaan oleh Forpimda Malang Raya, secara keseluruhan pernikahan massal ini diikuti 283 pasangan dari penganut enam agama dan kepercayaan.


.
Sementara itu Dandim 0833/Kota Malang mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas terselenggaranya acara ini, diharapkan akan memberikan pembelajaran betapa pentingnya legalitas dalam suatu perkawinan, semoga kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Malang dan akan berkelanjutan, Selamat kepada para pengantin baru, semoga sakinah mawadah warohmah,” tukas Dandim 0833/ Kota Malang.(*) (JKW)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *