Seminar Wawasan Kebangsaan, Rajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa

IARMI Kota Malang gelar Wasbang

.
MALANG – Kasdim 0833/Kota Malang Mayor Arh Heru Sunyoto mewakili Dandim 0833 menghadiri Seminar wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh IARMI Kota Malang, bertempat di Aula Kodim 0833 Jl. Kahuripan No.6 Kota Malang. Minggu (22/12/2019).

.
Di dalam kemajemukan yang sangat beragam di Indonesia, Pancasila telah dan harus selalu menjadi jangkar pemersatu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seminar wawasan kebangsaan kali ini mengambil Tema “Semangat Bela Negara untuk menjaga kedaulatan NKRI”

.
Seminar Kebangsaan ini menghadirkan pemateri Mayor jendral TNI ( Purn) Deddy Setia Budiman dan Guru Besar FT Universitas Malang Prof. Dr. Haris Anwar Syafudin.

.
“Dalam dinamika politik, sosial dan ekonomi yang begitu cepat akibat perkembangan pesat tekonologi informasi dan ilmu pengetahuan perlu diperkuat pemahaman masyarakat Indonesia mengenai jati diri bangsa dan ideologi pemersatu bangsa dalam meneruskan cita-cita pejuang kemerdekaan dengan menumbuhkan Cinta Tanah air dan bangsa,”terang Mayor jendral TNI ( Purn) Deddy Setia Budiman.

.
Memahami esensi kemerdekaan, bagaimana mengisi kemerdekaan di bidang masing-masing untuk berkontribusi kepada persatuan bangsa dan negara menuju perwujudan Indonesia Emas 2045.

.
Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam era digital dan keterbukaan informasi, untuk memahami informasi yang diterima sehingga tidak justru menjerumuskan ke dalam hal-hal yang negatif.

.
Mayor jendral TNI ( Purn) Deddy Setia Budiman menyampaikan pentingnya mengisi kemerdekaan dengan semangat persatuan dan mencari perekat yang justru mempersatukan bangsa Indonesia dan memperkuat persatuan di tengah kemajemukan Bangsa Indonesia dari berbagai aspek.

.
Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan ideologi yang tidak hanya menjadi simbol, tetapi dipahami dan direalisasikan sebagai instrumen pemersatu bangsa Indonesia.

.
Berpikir dan berbuat positif, memperkuat interaksi (engagement) menjalin persahabatan (relationship), membuat makna yang lebih berarti bagi kebersamaan (meaningful) dan mencapai tujuan bersama merupakan cara-cara praktis mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menghadapi tantangan yang sangat dinamis.

.
Membangun kebanggaan nasional (national pride) akan memperkuat semangat menyatukan bangsa yang majemuk, seperti Indonesia, dalam mewujudkan tujuan negara, termasuk dalam mewujudkan NKRI  yang lebih maju, sejahtera, stabil dan dihormati.

.
Sementara itu Kasdim 0833/Kota Malang menyampaikan bahwa kita sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan yang digelar oleh IARMI, semangat belanegara untuk menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman baik dari dalam maupun dari luar dengan Seminar ini diharapkan akan timbul kesadaran untuk mencintai Tanah airnya dalam rangka hidup berbangsa dan bernegara dengan Pancasila sebagai ideologi negara.

.
Turut hadir dalam Seminar wawasan kebangsaan Mayor jendral TNI (Purn) Deddy Setia Budiman, Brigjen TNI (Purn) Sumarno, Guru Besar FT UM Prof. Dr. Haris Anwar Syafudin, Ketua IARMI Kota Malang Rina Ismawati, Ketua pelaksana Naim Wira A, Danrem 083/Bdj di wakili Pasi Bakti TNI Korem 083 Mayor Inf Teguh, Asinten 1 Pengkot Kota Malang Sri Winarni SH MM, Para Ketua DP IARMI Komisariat se-Kota Malang, Para Komandan satuan Resimen Mahasiswa se-Kota Malang dan Ketua Ormas Kepemudaan se-Kota Malang. (*) ( JKW )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *