Bambang Ir Ajari Warga Jagung Suprapto 2E Strategi Membangun Kampung

Foto: Bambang Irianto didampingi Samuji ketua RT keliling kampung (JKW)

Selasa, 28 September 2021

Malangpariwara.com
Bak gayung bersambut tugas Bambang Irianto sebagai Pembina Lingkungan Tingkat Nasional yang harus terus bergerak membangun negeri dari lorong kampung , Warga Jagung Suprapto 2E membutuhkan Bimbingan Bambang Ir untuk timba ilmu bagaimana Strategi Membangun Kampung.

Ngobrol gayeng di sebelah bantaran sungai motivasi warga untuk membangun kampung ( foto : Djoko W)

Samuji ketua RT 1 RW 3 Kel Samaan Selasa pagi (28 /9/21) mengundang manager 3 G Bambang Ir jagongan gayeng bersama pengurus RT di Gasebo sebelah bantaran sungai.

” Kami sengaja mengundang pak Bambang Ir ke kampung kami. Saya benar benar kesengsem mendengarkan presentasi beliau di rumah prestasi waktu itu. Kami ingin meniru seperti kampung binaan Pak Bambang. Selain asri indah nyaman bisa untuk wisata edukasi, sehingga akan mengangkat perekonomian di wilayah kami, jika sudah banyak tamu yang datang ke sini( Kampung kami) terang Samuji bersemangat.

Bambang Ir senang Warga sudah ada yang mau nanam bunga(foto: Djoko W )

Apa yang disampaikan pak Bambang, saran petunjuk akan kita laksanakan. “Kami akan buat kelompok tani dan akan minta SK ke Kelurahan sesuai saran pak Bambang,” tambahnya.

Dari hasil diskusi itu, Bambang Ir diajak keliling kampung oleh pengurus RT juga pengurus PKK melihat potensi kampung, apakah nantinya layak dijadikan kampung tematik edukasi.

Sementara itu, penggagas
Gerakan Menabung Air Kampung 3G, Tembus Fase Final Guangzhou International Award fotingkan Innovation itu( Bambang Ir) melihat potensi kampung RT.1RW.3 Jagung Suprapto 2 E mesti tingkat kesulitannya tinggi.

“Saya yakin kampung ini bisa berubah dan hasilnya sangat luar biasa dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi,” sambung Bambang Ir.

Ibu PKK menunjukkan tematik kampungnya( foto: Djoko W)

Ketika ditanya Malangpariwara perihal kedatangannya ke kampung yang di pimpin Samuji ini, Penerima penghargaan tertinggi Kalpataru kategori Pembina Lingkungan Tingkat Nasional ini berujar, pertama sebagai pembinaan lingkungan nasional, dirinya punya kewajiban membina lingkungan di seluruh Indonesia apalagi di kota kelahirannya di kota Malang.

“Beberapa waktu yang lalu Pak ketua RT menghubungi saya pengen belajar membangun kampung terus Pak RT dan beberapa pengurus saya undang di tempat saya untuk mengikuti presentasi bagaimana strategi membangun kampung.

Bambang Ir beri ilmu cara menanam secara vertikal garden( foto: Djoko W)

Saya melihat Pak RT punya inisiatif ini patut diapresiasi patut dihargai dan saya wajib mendorong. Setelah kemarin dulu datang ke rumah saya, Saya tawarkan pada Pak RT apa bisa saya datang ke kampung Bapak dan pak RT terbuka sangat senang setuju bahkan mengajak pengurus yang lain. Ini artinya swadaya kemandiriannya ada maka saya wajib pendorong maka saya datang ke sini kemudian saya keliling ke kampung untuk melakukan identifikasi.

RT01 RW.03 ini menurut Bambang Ir sangat unik karena terletak di bantaran sungai Brantas dengan jumlah kepadatan penduduk yang sangat tinggi dan tidak ada ruang terbuka.

“Tingkat kesulitannya tinggi tapi saya tetap yakin karena warganya sudah punya niat, semangat ada, akan ada inovasi-inovasi membangun lingkungan, tentu warga akan berproses dan saya akan mendampingi Kampung ini minimal menjadi kampung yang layak huni yang asri yang warganya rukun dan lain-lain. Itu tujuan utama dan tentu kedepan kalau Kampung ini kualitas lingkungan nya bagus warga punya usaha mungkin bisa menjadi Kampung wisata maka kesejahteraan warga akan meningkat inilah sebenarnya yang saya lakukan untuk di kota Malang,” ungkapnya.

Saya tidak gila menjadi narasumber yang harus dapat honor untuk di kota Malang, itu jadi kewajiban saya tergantung sekarang bagaimana sikap dari pemerintah kota kepada Kecamatan Kelurahan kalau saya diberi akses ada warga yang meminta, kewajiban bagi saya untuk membantu. Dan saya yakin warga di RT 1 RW 3 Kelurahan samaan Kecamatan Klojen ini. Saya melihat ada potensi yang luar biasa ya mudah-mudahan berhasil,” tutup Bambang Ir.

Warga RT.1 RW.3 Jagung Suprapto IIE bersama Bambang Ir melihat potensi kampung (foto: Djoko W)

Dalam waktu dekat Bambang Ir akan presentasi dihadapan warga RT.1 RW.3 untuk menimba ilmu bagaimana mengembangkan lingkungan menjadi kampung tematik. ( Djoko Winahyu )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *