Tiga Kepala Daerah Malang Raya Siap Jadi Tuan Rumah Porwanas 2022

Foto: Kunjungan Ketua PWI Pusat, Jawa Timur dan Malang Raya diterima Wakil Walikota Malang di Balaikota.(Djoko W)

Rabu, 6 Juli 2022

Malangpariwara.com – Ketua Umum PWI, Atal Sembiring Depari beserta rombongan mengunjungi tiga Kepala Daerah di Malang Raya. Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan gelaran Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022 yang akan digelar di wilayah Malang Raya pada 21-27 November 2022 mendatang.

Disampaikan Ketua Umum PWI, Atal Sembiring Depari, gelaran Porwanas ini seharusnya diadakan tahun 2019. Namun karena pandemi, maka terpaksa harus ditunda hingga 2022. Ada 10 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan di ajang Porwanas kali ini.

“Karena sudah lama ditunda penyelenggaraannya. Sehingga saya kira nanti tensi dan pertandingannya akan sangat seru sekali,” ujarnya usai bertemu tiga kepala daerah Malang Raya, Rabu (6/7/2022).

Dikatakan Atal, Porwanas bisa menjadi ajang silaturahmi insan wartawan dari berbagai daerah. Sehingga ia berharap Porwanas kali ini bisa memberikan contoh tauladan fair play.

Jika pada Porwanas sebelumnya masih diberikan toleransi 20 persen peserta wartawan yang belum sertifikasi boleh ikut. Sekarang semua peserta Porwanas harus sudah sertifikasi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekisruhan di lapangan.

“Sekarang 100 persen peserta harus sudah sertifikasi. Karena kalau wartawan profesional yang sudah sertifikasi, akan sangat memalukan kalau bermain curang,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan Atal, ada sekitar 3.600 atlet yang akan mengikuti ajang Porwanas. Jumlah ini belum termasuk official dan yang lainnya.

“Jadi saya prediksi ada sekitar 5000 orang yang akan datang ke Malang raya pada saat Porwanas nanti,” ucapnya.

Karena itu Atal sangat berharap agar gelaran Porwanas ini bisa dimanfaatkan oleh Malang Raya untuk promosi potensi wisata sekaligus melibatkan pelaku UMKM nantinya.

“Saya tidak menduga dan di luar ekapektasi, ketiga kepala daerah Malang raya ini welcome sekali. Sebab mereka melihat Porwanas harus bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan daerahnya,” ungkapnya.

Selain gelaran Porwanas, Atal menyebutkan ada beberapa agenda yang juga yang akan dilaksanakan di Malang. Salah satunya konferensi kerja nasional PWI pusat.

“Jadi kita akan adakan konferensi kerja nasional PWI pusat di sini, dua hari sebelum pembukaan Porwanas. Jadi semua ketua PWI hadir di sini,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Malang, Drs. Sanusi MM, menyampaikan ucapan terimakasih Kabupaten Malang turut menjadi bagian dari penyelenggaraan Porwanas. Ia juga mengaku siap mensuport gelaran Porwanas.

“Kira-kira yang perlu disuport oleh Kabupaten Malang apa saja, silahkan diajukan. Sementara untuk fasilitas lain seperti stadion cukup memadai dan sudah bertaraf nasional,” sebutnya.

Terkait potensi wisata, Sanusi mengaku di Kabupaten Malang banyak sekali objek wisata, baik yang bertaraf nasional maupun internasional. Salah satunya Boonpring yang telah dinobatkan sebagai desa wisata terbaik se Asean.

“Untuk potensi wisata khususnya wisata alam di Kabupaten sangat banyak dan bervariasi,” tandasnya.

Foto Bersama di Balaikota Malang (Djoko W)

Senada, Wakil Walikota Malang, Ir Sofyan Edi Jarwoko didampingi Kadisporapar Ida Ayu Made Wahyuni serta Kadiskominfo Nur Wisianto dan kepala Bagian Humas Donny Sandito W , saat ditemui di Balai Kota Malang mengaku senang dengan ditunjuknya Malang raya sebagai penyelenggara Porwanas. Menurutnya ini merupakan momentum yang bagus untuk bisa menguatkan kembali ekonomi masyarakat terutama UMKM. Sekaligus sarana untuk mempromosikan daerah.

“Oleh karena itu mari kita persiapkan dengan baik sebagai tuan rumah. Karena suksesnya Porwanas juga menjadi suksesnya kita semua,” tuturnya.

Ida Ayu Wahyuni Kadisporapar bahkan akan menggelar agenda tahunan Karnival diatur waktunya untuk memanfaatkan momen Porwanas sehingga akan semakin meriah.

Walikota Batu, Dra Dewanti Rumpoko, MSi, sambut Pengurus PWI dan Siwo(ist)

Sementara itu, Walikota Batu, Dra Dewanti Rumpoko, MSi, juga akan mendukung pelaksanaan Porwanas di Malang Raya khususnya Kota Batu. Karena itu ia ingin duduk bersama dengan kepala daerah Malang Raya yang lain demi menyukseskan gelaran Porwanas.

“Kita kedatangan tamu harus jadi tuan rumah yang baik. Karena ini tidak hanya membawa nama Batu, Malang raya tetapi juga nama Jawa Timur. Jangan sampai mereka datang ke sini terus kecewa,” pungkasnya.

Sementara itu turut hadir mendampingi Ketua Umum PWI, Sekretaris Jenderal Mirza Zulhad, Ketua SIWO PWI Pusat Gungde Ariwangsa serta Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim dan Ketua PWI Malang Raya Cahyono.(Djoko Winahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.