BI Malang Ungkap Indeks Kondisi Ekonomi Enam Bulan Kedepan

Foto: Kondisi pasar tradisional di Kota Malang.( Foto : Djoko W)

Senin, 8 Agustus 2022

Malangpariwara.com
Survei Konsumen merupakan salah satu survei Bank Indonesia dengan periode publikasi bulanan. Tujuan dari survei konsumen adalah untuk mengetahui keyakinan konsumen mengenai kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap kondisi perekonomian pada 6 (enam) bulan mendatang yang diukur dengan menggunakan indeks.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, nilai indeks yang lebih dari 100 mengindikasikan bahwa konsumen optimis terhadap kondisi maupun ekspektasi ekonomi.

“Survei Konsumen Bank Indonesia Malang pada bulan Juli 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi masih terjaga,” ungkapnya.

Hal ini imbuh Samsun, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2022 tercatat sebesar 134,42, relatif stabil meskipun lebih rendah dibandingkan dengan capaian pada Juni 2022 sebesar 139,50.

Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga pada level optimis (indeks > 100).
Indeks Kondisi Saat ini tercatat sebesar 116,17 stabil meskipun lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 120,83.

Pelemahan IKE dipengaruhi oleh penurunan dua komponen pembentuknya yaitu Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Penghasilan Saat Ini. Pelemahan tersebut terindikasi karena peningkatan harga pangan yang menyebabkan penurunan daya beli masyarakat.

Grafik 1. Survei Konsumen

Ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan masih terjaga pada level optimis meski termoderasi dibandingkan bulan sebelumnya.

Dikatakan Samsun Hadi, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Juli 2022 tercatat sebesar 152,67 lebih rendah dari bulan sebelumnya sebesar 158,17.

“Termoderasinya IEK dipengaruhi melemahnya Indeks Ekspektasi Penghasilan dan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha, sementara Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja 6 bulan ke depan terpantau mengalami peningkatan,” tukas Samsun Hadi mengakhiri.( Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *