Walikota Malang, Apresiasi Kesbangpol Gandeng Unitri Berikan Penguatan Nilai Pancasila pada 40 Guru PAUD/TK/RA SE Kota Malang

Foto Bareng di acara Penguatan Ideologi Pancasila Bagi Guru PAUD/TK/ RA dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Malang.(Djoko W)

Senin, 28 November 2022

Malangpariwara.com – Walikota Malang Drs H Sutiaji mengapresiasi penuh langkah BAKESBANGPOL- Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri). Dimana kampus kerakyatan ini berkenan memberi penguatan nilai-nilai Pancasila pada seluruh guru PAUD.

Walikota Malang Drs.H. Sutiaji memberikan arahan di sepan 40 guru PAUD(foto: Djoko W)

Sutiaji menuturkan bahwa anak-anak Paud merupakan usia emas yang semestinya diinstal pada hal-hal yang positif. Terutama penguatan pemahaman mengenai keberagaman yang ada di negara ini yang harus dikuatkan.

“Karena saat ini menghargai perbedaan merupakan hal yang berat,” ungkap Walikota Malang, Senin (28/11).

Sutiaji menyampaikan hal diatas dalam acara Sosialisasi Penguatan Wawasan Kebangsaan Organisasi Kedaerahan dan Training of Trainer Penguatan Ideologi Pancasila bagi Guru PAUD/TK/RA.

Acara yang diselenggarakan oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Malang. Dengan mengambil tempat di Hotel Pelangi. Tak sendirian, lembaga ini juga merangkul Unitri.

Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra Rinawati MM (Foto: Djoko W)

Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra Rinawati MM ini memberikan penguatan wawasan kebangsaan kepada organisasi kedaerahan, memelihara rasa cinta terhadap tanah air dan rasa toleransi. Serta memberikan bekal pada guru dalam mendidik generasi penerus bangsa.

“Selain itu agar generasi muda dapat memiliki rasa cinta tanah air sesuai dengan ideologi Pancasila,” kata Rinawati. Ia menjelaskan adanya kegiatan ini karena kerjasama antara Pemkot Malang dengan Unitri yang didasari dari Peraturan Presiden No. 80 Tahun 2017.

Yaitu tentang penguatan pendidikan karakter dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan pembangunan kebangsaan, serta Permendagri No.71 Tahun 2012 tentang pedoman pendidikan wawasan kebangsaan. Kegiatan hari pertama dihadiri Sutiaji, Walikota Malang dan para pejabat Unitri.

Dr Agung Suprojo SKom MAP.(Djoko W)

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Pelaksana ToT ini, Dr Agung Suprojo SKom MAP menjelaskan, bahwa kegiatan ini sebagai wujud kerjasama Pentahelix. Dimana Unitri dari akademi diberi kesempatan memberi ToT kepada guru-guru PAUD untuk lebih dalam memahami Pancasila.

Dengan demikian diharapkan para guru tersebut memberikan pengajaran pada peserta didiknya. Maka nantinya, anak-anak PAUD sudah dibekali materi pentingnya kasi sayang, toleransi, menghindari Bullying. Serta pengenalan lagu kebangsaan, dan mengetahui para pahlawan bangsanya.

“Program ini juga merupakan pemberdayaan guru berkonsep Pancasilais yang digelar dua hari,” ucap Dekan FISIP Unitri ini.

Sekertaris Jejaring Panca Mandala (JPM) Malangkucecwara ini juga menuturkan, jika besok merupakan pendampingan Outbond agar seluruh peserta ToT ini peka terhadap lingkungan dengan mengunjungi Saint Tekno Park kampus Unitri.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *