Jembol Dispendukcapil Kota Malang Buka Layanan Khusus Dukung Pemilu di Halaman Balkot Malang

Jembol Dispendukcapil Kota Malang Buka Layanan Khusus Dukung Pemilu di Halaman Balkot Malang.(Djoko W)

Rabu, 14 Februari 2024

Malangpariwara.com – Antusias Warga Kota Malang untuk melaksanakan Pemilihan UMUM 2024 sangat tinggi. Terbukti Layanan Khusus Dispendukcapil spesial memberikan Layanan mendukung syarat admin pencoblosan di TPS yaitu e-KTP , IKD dan Biodata di halaman Balaikota Malang diserbu warga sejak pagi hari hingga waktu terakhir pukul 12.00 Wib.

Hijab abu abu Kepala Dispendukcapil Kota Malang, Dahliana Lusi Ratnasari sibuk melayani warga melaksanakan pemotretan IKD (Djoko W)

Kepala Dispendukcapil Kota Malang, Dahliana Lusi Ratnasari mengatakan, pada hari H Pemilihan Umum Dukcapil buka layanan KHUSUS Layanan Perekaman KTP-el , Cetak KTP-el & IKD.,” terangnya.

Data yang berhasil dihimpun Malangpariwara jumlah warga yang memanfaatkan Jembol sejumlah 505.

“Lumayan banyak direspon masyarakat,, dari 505 yang sudah terlayani diantaranya, Cetak biodata kependudukan 54, Rekam e-KTP 63, IKD 99, Pengambilan e KTP 128 dan Cetak e-KTP 161,” ungkap Lusi.

Hari libur 4 hari lalu Dispenduk tetap buka di Mall pelayanan publik untuk mengantisipasi kondisi semacam ini

“Jadi adik-adik yang sudah waktunya 17 tahun bisa memilih, itu bisa terfasilitasi. Tapi ternyata di Hari H ini masih banyak yang belum. Sehingga membludak,” imbuh Lusi.

Dikatakan Lusi, sebetulnya ada opsi membuka di kantor, tapi terlalu jauh. Kemudian oleh Pak Pj Walikota difasilitasi untuk buka di Balai Kota.

“Ratusan yang mendaftar. Mulai tadi pagi jam 8 kita sudah buka. Kalau nanti waktunya tidak cukup, kita fasilitasi IKD. Jadi untuk di TPS itu cukup IKD, atau fotokopi KTP juga bisa, biodata, atau undangan cukup untuk persyaratan nyoblos di TPS,” tegasnya.

Ada dua opsi, Dispenduk membantu mencetakkan biodata. Kalau waktunya tidak mencukupi, bisa pakai IKD, langsung mereka bisa ke TPS.

“Hari ini kita hanya melayani perekaman KTP dan cetak KTP saja. Karena ini memang layanan untuk menunjang pemilu,” tandas Lusi.

Iwan Warga Bareng yang di tolak di TPS akhirnya dapat Solusi cetak kembali KTP di Program Jembol. (Djoko W)

Salah satu warga Bareng Taman Bunga, Iwan Sugiarto, ditolak di TPS 6. Alasannya Iwan hanya berbekal surat undangan tanpa menyertakan KTP Asli.

Pagi itu juga Iwan diantar warga menuju Balaikota Malang dimana di lokasi itu Dispendukcapil Jembol Buka Layanan untuk cetak e-KTP.

Iwan akhirnya bisa melaksanakan pilihan di TPS (Djoko W)

” Alhamdulillah akhirnya saya bisa mengikuti pencoblosan di TPS meski harus menunggu hingga pukul 12 batas akhir pemilihan,” ujarnya bersyukur.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *