Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani : UB Terapkan Strategi Bersaing yang Tepat Hadapi Persaingan PT Nasional maupun Internasional

MALANG – Tingkat persaingan perguruan tinggi (PT) yang semakin ketat baik nasional maupun internasional, serta adanya tuntutan kemandirian Perguruan Tinggi, telah direspon UB dengan menerapkan strategi bersaing yang tepat.

.
Hal ini disampaikan Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS saat memaparkan Laporan Kinerja Rektor Tahun 2019 diacara Rapat Terbuka Universitas Brawijaya Dies 57 UB.

.
Menurut Nuhfil Hanani, UB telah memiliki tata pamong yang mapan dan berkualitas dengan menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dan secara institusional. UB telah ter akreditasi A oleh BAN-PT, serta telah menerapkan program quality assurance yang diakui oleh ISO-9001 2008.

.
Sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas layanan, UB telah melakukan revitalisasi kelembagaan dengan melaksanakan agenda-agenda reformasi birokrasi seperti tertuang dalam Roadmap Reformasi Birokrasi UB 2015-2019 dengan menjalankan delapan program area perubahan, walaupun belum menyeluruh dan tertata dengan sangat baik.

.
“Agenda perubahan telah dilaksanakan dan hasilnya telah dirasakan oleh mahasiswa, pegawai dan pemangku kepentingan terkait. UB berkomitmen melanjutkan reformasi birokrasi periode selanjutnya dengan berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan berpijak dari upaya-upaya perbaikan sistem birokrasi sebelumnya,”tandas Rektor.

.
Ia melanjutkan, salah satu momen penting dari area perubahan adalah Pengembangan menjadi Universitas Berbadan Hukum yang saat ini sedang dalam proses pengesahan UB menjadi PTNBH melalui usulan RPP Statuta UB PTNBH.

.
Dalam rangka memantapkan akuntabilitas kinerja, UB telah membentuk Tim Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) melalui ditebitkannya Keputusan Rektor nomor: Nomor 1826 Tahun 2018.

.
Peringkat UB untuk program Klasterisasi Dikti meningkat dari Peringkat 12 pada tahun 2018 menjadi Peringkat 9 pada tahun 2019 dan bertahan pada posisi Claster I PTN di Indonesia.

.
Terhitung sampai dengan tahun 2019, UB masih mempertahankan gelar sebagai PTN paling diminati. Dari salah satu sistem rekruitmen SBMPTN 2019 UB masih tetap menduduki Peringkat I dari sepuluh PTN dengan peminat terbanyak (55.871 orang), sehingga mampu mendorong meningkatnya kualitas input pada tahun 2019 dengan Rasio Keketatan Seleksi Mahasiswa S1 adalah 1:14 dibandingkan tahun 2018 dengan rasio 1:19.
Di bidang Keterbukaan Informasi Publik, UB mendapat penghargaan sebagai Badan Publik Terinformatif Komisi Informasi Pusat (KIP) 2019 dengan berhasilnya masuk ke dalam kategori tertinggi yang ada, yaitu kategori Informatif, bersama dengan IPB, ITB, UGM, dan UNP.

.
Jumlah PS terakreditasi internasional UB saat ini menjadi 20 PS, dan 7 tujuh PS di FEB sedang menunggu pengumuan resmi dari ABEST21. Untuk menjaga kualitas SDM, UB telah memiliki 2.131 dosen, 153 orang di antaranya memiliki jabatan fungsional guru besar, dan 36,32% bergelar Doktor.

.
Implementasi program Internasionalisasi Bidang Kemahasiswaan setidaknya telah terjawab dengan semakin meningkatnya jumlah prestasi Internasional Bidang Penalaran Mahasiswa, pada tahun 2017 terdapat sejumlah 41 prestasi telah diraih dan meningkat menjadi 122 prestasi pada tahun 2018; sedangkan angka capaian tahun 2019 sebesar 96 prestasi diambil per 30 November 2019 berdasarkan data capaian UB yang wajib diunggah ke aplikasi SIMKATMAWA Dikti, dan akan terus bergerak sampai dengan akhir Desember 2019.

.
Rektor juga melaporkan mengenai peningkatan publikasi, produktivitas HAKI, peningkatan dan pemerataan akses pendidikan, pengelolaan lembaga, Unit Pelaksana Teknis, serta Unit Penunjang Tugas dan Fungsi atau Badan Pengelola Usaha.

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS

.
Kepada wartawan usai mengantar tamunya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P, Rektir menyampaikan bahwa ubtuk.menghadaoi Persaingan Perguruan Tinggi Nasional maupun Internasional, Ub terus mengembangkan sayap nya dengan membuka dua prodi baru. Untuk tahun ini yakni Fakultas Kedokteran dan Fakultas MIPA.(*) ( JKW )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *