Gandeng Blood4LifeID, Smartfren Community Lahiran Gerakan Sosial

Foto: Valencia M. Randa, Founder Blood4LifeID.(Smartfren)

Senin, 9 Agustus 2021

Malangpariwara.com – Melalui Smartfren Community kembali melahirkan sebuah gerakan sosial terbaru dalam mendukung penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, kali ini Smartfren menggandeng komunitas nirlaba Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID) Indonesia guna meningkatkan jangkauan pencarian donor dan ketersediaan darah /plasma darah yang sangat dibutuhkan dalam prosedur kesehatan terkait COVID-19 maupun non-COVID-19.

“Melalui kerja sama ini, Smartfren Community yang hadir di lebih dari 100 kota di Indonesia akan mengajak anggotanya untuk turut menjadi pendonor, sekaligus membantu Blood4LifeID dalam mendapatkan pendonor darah/plasma darah,” katanya.

Selain itu, Smartfren juga memberikan dukungan tambahan berupa kartu perdana GOKIL MAX serta paket data kepada seluruh relawan Blood4Life Indonesia, agar memudahkan berkomunikasi secara online.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, “Gerakan sosial Smartfren Community dengan Blood for Life Indonesia ini adalah bagian dari semangat kokreasi untuk sama-sama mewujudkan indonesia yang lebih baik.

“Dengan bergerak bersama-sama seperti ini, kami yakin akan bisa menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” ungkapnya.

Blood4LifeID merupakan komunitas sosial yang bertujuan mempermudah masyarakat mendonorkan darahnya, sekaligus mendapatkan donor darah. Sejak 2009 silam, komunitas ini telah aktif mencari dan melayani pendonor, guna menjaga ketersediaan pasokan darah di Palang Merah Indonesia dan Bank Darah milik Rumah Sakit.

Saat ini Blood4LifeID dimotori oleh sekitar 50 relawan yang tersebar di seluruh Indonesia dan bergerak secara mandiri.

Valencia M. Randa, Founder Blood4LifeID menambahkan, bahwa pergerakan Blood4LifeID selama ini kebanyakan dilakukan secara online, dan terdapat puluhan Relawan Tim ‘IGD Virtual Blood4Life.ID’ (media sosial & website Blood4LifeID) yang saat ini tersebar di berbagai kota di Indonesia.

“Mereka sangat bergantung dengan koneksi internet dikota mereka masing-masing, sehingga kami sangat terbantu dengan dukungan yang diberikan Smartfren. Baik dukungan dari Smartfren Community untuk mengajak orang-orang disekitarnya mendonorkan darahnya kepada pasien yang sudah dipublikasikan di website kami, dan juga dukungan paket data internet dari Smartfren,” terangnya.

Blood4LifeID selama ini telah menerima banyak permintaan untuk memenuhi kebutuhan pendonor darah. Pada Juli lalu, permintaan bantuan donor darah yang masuk ke Blood4LifeID mencapai puncaknya dan mencapai 230 permintaan dalam satu hari. Hingga saat ini pun permintaan masih cukup tinggi, dengan rata-rata sekitar 100-an permintaan donor yang masuk.

Proses memperoleh donor maupun menjadi pendonor sangatlah mudah. Bagi siapapun yang membutuhkan donor darah, dapat mendaftarkan diri melalui website www.donordarah.link lalu pilih menu “Isi Form Butuh Pendonor Darah”.

Sedangkan untuk semua orang yang ingin menjadi pendonor dan mencari penerima, dapat menggunakan link website serupa, memilih menu “Cari Pasien Butuh Donor”, dan selanjutnya dapat mencari pendonor berdasarkan Golongan Darah, Jenis Donor, dan Kota Domisili.

“Lewat inisiatif ini, baik Smartfren, Smartfren Community dan Blood for Life Indonesia juga mengajak semua orang untuk bersama-sama bergerak saling bantu. Terutama para penyintas COVID-19, untuk mendonorkan plasma yang hingga saat ini diperlukan untuk mendukung kesembuhan penderita COVID-19,” pungkas Valencia M. Randa, Founder Blood4LifeID.(JKW)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *