Momen Ramadhan, IGTKI Donomulyo Santuni Anak Yatim di Malam Nuzulul Qur’an

Caption : Jajaran Muspika Donomulyo saat foto bersama dalam acara peringatan Nuzulul Qur'an dengan peduli anak yatim piatu(Yono)

Jum’at, 28 April 2022

Malangpariwara.com – Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia (IGTKI) kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang gelar santunan untuk anak yatim.

Kegiatan ini dilakukan pada Rabu (27/4/2022), yang bertepatan pada Nuzulul Qur’an bulan suci Ramadhan yang penuh makna.

Santunan bersama anak yatim yang diadakan IGTKI Donomulyo Kabupaten Malang ini, diadakan dalam rangka kegiatan rutin IGTKI sekaligus kegiatan penuh berkah di bulan suci.

Diharapkan kegiatan ini bisa mengambil hikmah pada bulan yang suci ini, serta memberikan kelebihan kepada anak yatim agar bisa merayakan idul Fitri secara bersama sama sesama muslim.

Caption: Suprapti, Spd Ketua IGTKI Donomulyo saat membagikan santunan kepada anak yatim piatu se- Kecamatan Donomulyo(Yono)

Suprapti, S.Pd, ketua IGTKI Donomulyo mengatakan bahwa tujuan pemberian bantuan adalah untuk menandai Peringatan Nuzulul Qur’an yang kami adakan pada bulan suci Ramadhan tahun ini dan berbagi rizki terhadap sesama.

Kegiatan santunan anak yatim diberikan kepada 27 anak yatim piatu se – Kecamatan Donomulyo kabupaten Malang pada bulan Nuzulul Qur’an yang dianjurkan untuk mengasihi dan menyantuni anak yatim.

Kegiatan ini adalah perwujudan praktek dalam kehidupan sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW dengan mengadakan santunan anak yatim yang bekerjasama dengan IGTKI dan semua stake holder di kecamatan Donomulyo.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya dimulai pembukaan, sambutan, perkenalan dengan anak-anak yatim serta pemberian santunan uang tunai. Kegiatan santunan ini insyaallah akan diadakan rutin pihak IGTKI setiap tahun.

“Santunan ini, Alhamdulillah akan kita budayakan setiap bulan Ramadhan agar anak-anak terbiasa terhadap anak yatim, bagaimana bersikap, menyayangi, berbagi dan tidak membeda-bedakan,” ungkapnya.

Kami merasa bangga dan mengapresiasi sekaligus mendukung penuh kegiatan sosial yang digagas IGTKI Donomulyo Kabupaten Malang . Sebab kegiatan sosial ini bisa sangat bermanfaat dengan nilai sosial yang tinggi.

“Dalam situasi pandemi Covid-19, semua harus berjuang bersama dalam melawan virus yang mematikan ini. Bantuan yang diberikan tidaklah besar, akan tetapi kita bisa menilai sisi sosialnya dalam menyikapi situasi pandemi ini,” ungkapnya.

Suprapti, juga memberikan penghargaan tinggi kepada teman-teman di lingkungan IGTKI, yang tergerak hatinya untuk berbagi kasih dengan terlaksananya kegiatan ini. Terakhir, imbauan kepada masyarakat dan khususnya guru TK se-Kabupaten Malang untuk senantiasa mengikuti imbauan pemerintah.

“Selalu menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS). Karena dengan mengikuti protokol kesehatan, itu bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” sarannya.

Suprapti berharap, semoga pandemi Covid-19 di Tanah Air segera berakhir. Sehingga seluruh masyarakat Donomulyo dapat menjalankan aktivitas normal seperti biasanya.

“Mari kita berdoa, semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan. Sekaligus bisa kembali melakukan aktivitas sebagaimana mestinya,” pungkasnya

Senada Daud Puji Slamet kordinator Wilayah Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang mengatakan, memberikan santunan kepada anak yatim piatu wujud kepedulian kepada kaum duafa dan wujud pengejawantahan dari nilai nilai agama yang diajarkan kitab suci Al Qur’an dan ajaran Rasulullah SAW.

Bulan suci ramadhan tahun ini lebih bermakna apabila kita sebagai muslim melakukan kegiatan positif dengan pemberian santunan anak yatim ini wujud kepedulian kita terhadap saudara saudara kita yang kurang mampu agar bisa Merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama – sama.

Pendidikan sangat lekat dalam mencetak generasi bangsa sehingga dibutuhkan karakter yang religi agar kelak bisa memimpin negeri ini dengan baik dan bermoral.

” Karakter bangsa akan ditentukan oleh generasi yang bermartabat melalui pendidikan agama, karena anak yang sholeh, ilmu bermanfaat akan berguna di masyarakat, ” Ungkapnya.

Bantuan ini hasil pengumpulan donasi para kepala sekolah baik Taman kanak-kanak, PAUD, SD dan SMP se- kecamatan Donomulyo.

” Kami menyisihkan sedikit rezeki, yang kami kumpulkan dari mulai guru SMP, guru SD, TK dan Paud, maka hasilnya bisa kami berikan kepada anak yatim,” ujar Daut Puji Slamet Korwil Donomulyo.

Mengingat Hari raya idul fitri sudah dekat secara bersama – sama kita membangun empati dan peduli agar anak yatim piatu juga bisa merasakan hikmahnya bulan Ramadhan dan indahnya hari raya Idul Fitri.

“Memang nilainya tak seberapa, tapi semoga ini bisa bermanfaat dan bisa menutup sedikit kekurangan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari lagi,” ucapnya.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh korwil Donomulyo dinas pendidikan kecamatan Donomulyo yang bersinergi dengan pengawas SD, dari gugus SD, IGTKI dan HIMPAUDI, Kecamatan donomulyo.(Yono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.