Korwil Donomulyo Adakan Bimtek IT Menyambut Tahun Ajaran Baru Bagi Guru SD

Caption : Salah satu guru pembimbing memberikan arahan kepada salah satu guru dalam Bimtek IT.( Yon)

Jum’at, 15 Juli 2022

Malangpariwara.com – Kordinator Wilayah Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan dengan pemberian pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi guru sekolah dasar bagi guru kelas V dan VI dalam menyambut tahun ajaran baru 2021-2022.

Muntiari S.Pd.M,Pd, pengawas Kecamatan Donomulyo mengatakan, menjelang tahun ajaran baru 20221-2022 Korwil Donomulyo memberikan bimbingan teknik bagi guru sekolah dasar kelas V dan VI tentang IT .

Materi pelatihan mulai platform yang dimanfaatkan oleh para guru yang melaksanakan pembelajaran Google Classroom, Google Meet, Zoom dan WhatsApp dan berbagai aplikasi lainnya.

“Guru yang sudah terbiasa dengan pemanfaatan teknologi dalam mengajar online/virtual tentu tidak masalah, namun sebagian lainnya yang masih gagap teknologi bisa jadi penghambat , dan apa yang mesti dilakukan, terpaksa harus belajar, ” tegasnya, di Gedung KPRI Srirejeki Jalan Raya Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pelatihan TIK bagi para guru di tingkat sekolah dasar untuk meningkatkan kompetensinya sebagai upaya edukasi penggunaan TIK dalam meningkatkan media pembelajaran pada generasi Z.

Pelatihan ini dilaksanakan selama sehari tanggal 14 Juli 2022 untuk 4 batch, diikuti 43 lembaga dari guru kelas V dan VI sekolah dasar se- Kecamatan Donomulyo.

Materi yang disampaikan kepada guru TIK berupa pengantar online meeting, penggunaan aplikasi Zoom, Google Drive (document, spreadsheet, dan form), Google Classroom, dan lain-lain.

Dalam pelaksanaannya sama-sama menggunakan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Oleh karena itu, pemahaman satuan pendidikan dalam penggunaan peralatan TIK sangat menentukan suksesnya pendidikan.

”Satuan pendidikan khususnya di jenjang sekolah dasar harus bisa menggunakan dan memanfaatkan peralatan TIK dengan baik, “ungkapnya

Daud Puji Slamet, Korwil Donomulyo menambahkan, Bimbingan Teknis Penggunaan dan Pemanfaatan Peralatan TIK Sekolah Dasar menjadi baseline dan starting point untuk mutu pendidikan Kecamatan Donomulyo.

”Dilihat dari sisi literasinya, ada berapa skor yang akan dicapai dari Bimtek ini, Selain itu juga bisa melihat kondisi karakternya seperti apa, lingkungan belajarnya baik atau tidak,” jelas Daud

Dalam mengoptimalkan peralatan TIK selain dipakai untuk Asesmen Nasional, peralatan TIK sangat bermanfaat untuk pembelajaran.

“Guru harus bisa memanfaatkan peralatan TIK agar pembelajaran lebih efektif dan menarik. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 ini, dimana pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh, dan semoga pembelajaran luring bisa kembali seperti sedia kala, “pungkasnya.( Yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.