Satu Satunya di Indonesia Ir H Bambang Irianto Menerima Pergantian Nama Slempang Ikon Prestasi

Mewakili Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra Rinawati MM menggantikan Slempang 72 Ikon Prestasi Indonesia dengan yang baru Slempang 72 Ikon Prestasi Pancasila Kepada Ir. H. Bambang Irianto.(Djoko W)

Sabtu, 7 Januari 2023

Malangpariwara.com – Mewakili Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),
Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra Rinawati MM menggantikan Slempang 72 Ikon Prestasi Indonesia dengan yang baru Slempang 72 Ikon Prestasi Pancasila Kepada Ir. H. Bambang Irianto.

Penyerahan Selempang Baru ini disaksikan Babinsa Purwantoro Serma Hendra dan Babinkamtibmas Peltu Pudji.

Untuk pertama kalinya UKP PIP ( Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila). Tugas pokoknya membantu presiden dalam pembinaan Pancasila memberikan penghargaan pada 72 org yang telah berjasa membawa nama baik Bangsa dan mengembangkan nilai nilai Pancasila, bertepatan saat HUT RI ke 72 dan diserahkan bulan Agustus tanggal 29 tahun 2017 lalu di Jakarta.

Berjalannya waktu, UKP PIP kemudian menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila( BPIP) RI. Penghargaan Ikon Prestasi Indonesia akhirnya diubah menjadi Ikon Prestasi Pancasila, sejak 2018 Sampai 2022 namun jumlahnya terbatas hanya untuk 45 orang dengan seleksi yang sangat ketat.

Dari 200 lebih Ikon Prestasi Pancasila, BPIP melihat, seorang Bambang Irianto dinilai paling gigih, konsisten mengembangkan nilai-nilai Pancasila dengan membangun ribuan kampung di tanah air

“Atas dasar itu BPIP kembali memberikan apresiasi berupa selempang Ikon Prestasi seperti yang diberikan kepada penerima Ikon Prestasi Pancasila tahun 2022 kepada Pak Bambang Irianto yang kebetulan juga sebagai ketua Jejaring Panca Mandala (JPM) Kota Malang,” ujar Rinawati.

“Ini sebagai bukti komitmen dalam menerima amanah sebagai seorang Ikon Prestasi Pancasila,” ujar Rinawati sambil menggantikan Selempang yang baru kepada Bambang Irianto. Sabtu (7/1/23) di rumah Prestasi 3G jalan Karya Timur Kel Purwantoro Kota Malang.

Tak berlebihan jika Bambang Irianto pembina lingkungan Nasional yang pernah menerima penghargaan tertinggi Kalpataru kategori Pembina Lingkungan dari Presiden Joko Widodo itu menerima Slempang Perubahan.

Rinawati Menceritakan kesuksesan ketua RW 23 Glintung ( Bambang Irianto ) saat dirinya menjadi Kabag Perekonomian yang membidangi tim pengendali inflasi daerah TPID.

“Kami sekretarisnya, waktu itu bersama tim kami ke sini mengapresiasi ketahanan ekonomi, peran serta RW 23 di dalam membangun ketahanan ekonomi di warganya sehingga menjadi salah satu penerima bibit waktu itu.
Jadi waktu itu kami menyerahkan bibit untuk membangun urban farming, kemandirian di dalam mencukupi kebutuhan sayuran, ikan sehingga bisa dikembangkan di sini,” ungkapnya.

“Nilai-nilai kegotongroyongan, kerukunan umat juga terbangun di sini. layaklah beliau mendapatkan apresiasi dari pemerintah dalam hal ini BPIP,” pungkas Rinawati.

Kompak serukan salam Pancasila (Djoko Wi)

Usai menerima Selempang 72 Ikon Prestasi Pancasila dari BPIP yang disampaikan Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra Rinawati MM, Bambang Irianto mengaku sangat gembira dan merasa diperhatikan oleh Pemerintah.

“Ini sesuatu momentum bersejarah dan sangat membanggakan karena berkaitan dengan ideologi Pancasila. Sejak saya menerima Icon prestasi Indonesia yang sekarang Icon prestasi Pancasila, saya hampir setiap hari keluar masuk kampung dari satu kota ke kota lain, sekaligus membumikan nilai-nilai Pancasila tanpa lelah. setiap hari dari sabang sampai merauke dan Alhamdulillah BPIP melihat langsung di lapangan bagaimana perjuangan saya di dalam membumikan nilai-nilai Pancasila,” ucapnya bangga.

Saya kira apresiasi dari BPIP ini saya sampikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya. bukan hanya untuk saya tetapi untuk masyarakat, warga kampung yang sehari-hari sudah bergotong royong dalam mengembangkan, membangun kampungnya.

“Jadi ini peristiwa bersejarah bagi saya dan sekaligus memacu saya lagi untuk lebih giat bagaimana membumikan nilai-nilai Pancasila dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya.

Saya berharap juga para penerima Icon Pancasila sama-sama untuk bergerak di bidangnya masing-masing.

Jejaring Pancasila Mandala sebagai ujung tombak dari BPIP untuk membumikan Pancasila. diharapkan berperan aktif sesuai dengan profesi bidang masing-masing. pemerintah pusat, provinsi, daerah diharapkan juga untuk mendorong, memfasilitasi kerja JPM.

“Sebenarnya Icon Prestasi Pancasila itu ya termasuk JPM. Maka saya mengajak seluruh JPM di Indonesia jangan pernah lelah untuk membumikan Pancasila,” tandas Bambang Ir mengakhiri.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *