Tingkatkan Kerjasama Internasional, Fikes UMM Kolaborasi Bersama UiTM Malaysia

Rektor UMM tandatangani perjanjian Kerjasama. (Foto: Djoko W)

Jum’at, 20 Januari 2023

Malangpariwara.com – Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus melakukan kolaborasi. Salah satunya menjalin kerjasama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Pulau Penang Malaysia. Sekaligus bagian program kerjasama internasional UMM dengan universitas di luar negeri.

Dekan Fikes UMM, Dr Yoyok Bekti Prasetyo MKep SpKom (Djoko W)

Dekan Fikes UMM, Dr Yoyok Bekti Prasetyo MKep SpKom menyampaikan, dipilihnya UiTM sebagai mitra kerjasama karena adanya beberapa kesamaan. Yakni beberapa jurusan atau keilmuan yang memiliki kesamaan atau serumpun.

“Keilmuan yang serumpun, seperti Fikes UMM dengan UiTM, yakni keperawatan, fisioterapi, dan farmasi,” sebutnya dalam 2023 International Symposium di Aula BAU, Jumat (20/1/2023).

Terkait bentuk aplikasi kerjasama, Yoyok menyebut pembahasan tentang masalah stunting yang dialami di Indonesia secara umum. Dimana hal ini juga menjadi perhatian serius dari Presiden Joko Widodo.

“Contohnya simpossium internasional terkait kesehatan ibu dan anak. Dipilih karena di Indonesia masih menghadapi masalah stunting yang menjadi perhatian serius dari Presiden Jokowi,” terangnya.

Suasana International Symposium di Aula BAU, Jumat (20/1/2023).( Djoko W)

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM, Prof Samsul Arifin menjelaskan, kerjasama UMM bersama UiTM merupakan kerjasama internasional kali kesekian. Dimana kerjasama tersebut akan berlangsung mulai 2023 sampai 2026.

“Perwujudannya, mengembangkan kolaborasi di bidang riset, mobilitas mahasiswa, faculty mobility,” ungkapnya.

Nantinya, lanjut Yoyok, akan ada enam mahasiswa Fikes UMM yang akan belajar ke UiTM setelah melewati seleksi akademik, bahasa dan kemampuan SDM.

“Yang hampir selesai itu, ada satu mahasiswa dari Teknik Informatika yang mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) di UiTM Johor,” jelasnya.

Sambutan Rektor UMM, Dr Fauzan MPd( Djoko W)

Senada, Rektor UMM, Dr Fauzan MPd menjelaskan, kolaborasi baik nasional maupun internasional adalah kunci menuju sukses. Kerjasama antara FIKES dengan UiTM, adalah kunci sukses kerjasama internasional.

“Sekali lagi saya sampaikan, terima kasih atas kerjasama di bidang riset dan bidang lainnya,” pungkasnya.( Djoko W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.