Presiden Jokowi Lebih Pilih Perketat PPKM Mikro Tolak Lockdown

Jakarta, 23 Juni 2021

Malangpariwara.com
Guna memutus penyebaran virus Corona Covid -19 tak harus dengan cara yang akan mematikan ekonomi rakyat.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah tetap menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dibanding karantina wilayah alias lockdown. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, PPKM Mikro merupakan kebijakan paling tepat sebab tidak mematikan ekonomi rakyat.

“Kenapa pemerintah memutuskan PPKM mikro, karena masih menjadi kebijakan yang paling tepat mengendalikan covid-19, karena (pengendalian) bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat,” ungkap presiden, Rabu (23/6/2021).

Kepala negara mengakui, banyak desakan untuk menerapkan lockdown. Tetapi, PPKM Mikro dipandang memiliki esensi yang serupa, yakni membatasi kegiatan masyarakat. Kendati demikian, penerapan PPKM Mikro belum terimplementasi dengan baik.

“Untuk itu tidak perlu dipertentangkan. Jika PPKM mikro terimplementasi dengan baik, tindakan di lapangan terus diperkuat, semestinya laju kasus terkendali,” sambungnya.

Oleh karena itu, kepala negara meminta, seluruh kepala daerah mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten/kota untuk memperkuat komitmen penanganan covid-19. Menurutnya, salah satunya dapat dilakukan dengan mengoptimalkan posko-posko penanganan covid-19.

“Saya minta gubernur, bupati dan wali kota meneguhkan komitmen, pertajam penerapan PPKM Mikro,” pintanya.

Kasus covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan tajam. Pada Rabu (23/6/2021), total kasus secara nasional bertambah 15.308 kasus. Dengan tambahan ini, total jumlah kasus yang terjadi di Indonesia adalah sebanyak 2.033.421 kasus.

Seperti yang dilakukan pemerintah Kota Malang, Walikota Malang sangat mendukung kebijakan pemerintah Pusat untuk melakukan penguatan kembali PPKM MIKRO.

Walikota Sutiaji  menyerukan kepada satgas, Tim Gabungan dan masyarakat Kota Malang untuk melakukan penguatan serempak untuk menekan bertambahnya angka kasus Covid di Kota Malang.

“Solusinya penguatan kembali PPKM Mikro. Karena memang PPKM Mikro ini metode lama dan telah berhasil, sehingga kasusnya bisa landai,” seru Sutiaji Walikota Malang.(JKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *