Gandeng Influencer Malang Ranibay Astha Creative Program Studi Ilmu Komunikasi UMM Promokan Kampung Wisata

Rani melakukan pembinaan Media Sosial memberikan materi tips and trick membuat konten di media sosial kepada muda mudi dan karang taruna.(Ist)

Rani melakukan pembinaan Media Sosial memberikan materi tips and trick membuat konten di media sosial kepada muda mudi dan karang taruna.(Ist)

Selasa, 6 Juni 2023

Malangpariwara.com
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang menggandeng influencer Malang Ranibay untuk menghidupkan kembali Kampung Rejoso sebagai Kampung Wisata di Media Sosial.

Mahasiswa kreativ ini adalah Astha Creative Kelompok Praktikum Public Relations Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.

Juru bicara Astha Creative Alanio Balast menjelaskan
Bahwa Kampung UMKM Rejoso adalah dusun yang berada di Desa Junrejo Batu Malang, Kampung UMKM Rejoso menjadikan warganya sebagai masyarakat yang produktif, kreatif dan penghasil kerajinan terampil yang berkualitas seperti semboyan Kampung Rejoso.

“Kampung UMKM Rejoso menjadi Kampung oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Batu Malang. Namun semenjak adanya Covid-19 lalu, Kampung UMKM Rejoso mengalami penurunan insight pengunjung yang datang. Dengan hal ini Mahasiswa Praktikum Public Relations Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang kelompok Astha Creative membuat program untuk menaikkan insight Kampung UMKM Rejoso dalam kunjungan wisatawan,” terangnya.

Dikatakan Alan biasa di sapa di kalangan mahasiswa UMM, Kerja bareng Ranibay ini ingin membantu mempromosikan Kampung UMKM Rejoso di Media Sosial.

Ranibay atau yang sudah biasa disebut Barbiejowo ini melakukan visit ke beberapa perwakilan UMKM untuk meliput kegiatan dan kondisi Kampung UMKM Rejoso.

Kedatangan Ranibay singgah di Warung Joko Sambang disambut hangat oleh Astha Creative dengan Jahe sehat dan Mendoan.

RaniBay mengungkapkan bahwa ‘Saya orang asli Malang tapi saya baru tau kalau di Desa Junrejo ini ternyata ada Dusun Rejoso yang teryata adalah Kampung Wisata UMKM Rejoso. Sangat beruntung sekali karena bisa visit langsung disini,” ungkap Ranibay.

Setelah berdiskusi Ranibay dan Astha Creative langsung melakukan visit UMKM, mengunjungi UMKM Kampung Rejoso.

Ranibay menerima souvenir dari Ibu Tunik sebuah tas anyaman cantik.(ist)

Astha Creative dan Ranibay melakukan visit pertama ke UMKM UD Berkah milik Bu Tunik dan melihat langsung hasil kerajinan anyaman tas sekaligus pengambilan video

Diperoleh keterangan, teryata penjualan tas anyaman dari UMKM UD Berkah sudah merambah internasional.

Setelah dari UD Berkah Bu Tunik, Ranibay melanjutkan visit influencer ke UMKM Tohu Srijaya. UMKM Tohu Srijaya membuat kerajinan kayu, seperti halnya piring, kayu, sendok dan lain sebagainya. Tidak hanya tempat display kerajinan saja, namun terdapat tempat produksi kerajinan yang bisa dijadikan kunjungan wisatawan.

Ranibay berkunjung ke display kerajinan batu Mosstonegarden milik Tommy(ist)

Pada kesempatan itu pula Rani juga diajak ke pabrik produksi UMKM Tohu Srijaya. ‘Aku sungguh merasa bersyukur bisa melihat pabrik yang sangat bersejarah ini, muncul sejak tahun 1997,” ujar Rani.

Kemudian, kunjungan berikutnya Ranibay berkunjung ke display kerajinan batu Mosstonegarden milik Tommy.

Ranibay membuat cuplikan video di display Mosstonegarden dan melakukan sedikit wawancara. Setelah pengambilan video dan wawancara.

Masing-masing UMKM memberikan bingkisan berupa produk usaha mereka kepada ranibay sebagai bentuk terimakasih atas kehadiran Ranibay di Kampung UMKM Rejoso. Kemudian setelah itu Ranibay diarahkan kembali oleh Astha Creative menuju Joko Sambang untuk melakukan Pembinaan Media Sosial bersama para Pemuda Pemudi Kampung Rejoso.

Terakhir Rani melakukan pembinaan Media Sosial memberikan materi tips and trick membuat konten di media sosial, memberikan cara mengedit yang mudah, dan cara menaikkan public interest terhadap konten yang dibuat kepada Pemuda Pemudi Rejoso dan Karang Taruna Desa Junrejo.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *