Pj Wali Kota Malang Resmi Buka Event Equestrian

Kompetisi olahraga berkuda yang digelar di Punca Joyo Royal Stable ini dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat. (Djoko W)

Sabtu, 27 Januari 2024

Malangpariwara.com – Gelaran Piala Pj Wali Kota Malang Equestrian Friends & Challenge resmi dibuka, Sabtu (27/1/2024) siang. Kompetisi olahraga berkuda yang digelar di Puncak Joyo Royal Stable ini dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat.

Ajang bergengsi yang digelar selama dua hari tersebut, yakni 27-28 Januari 2024 itu mendapat apresiasi dari Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat. Apalagi, event tersebut menjadi kejuaraan olahraga berkuda pertama yang digelar di Kota Malang.

“Saya sangat apresiasi event ini di Malang ada di Puncak Jaya Royal Stable, semoga bisa menjadi satu kesempatan besar bagi para atlet berkuda untuk mengembangkan kemampuannya. Terutama di Kota Malang,” ujar Wahyu, Sabtu (27/1/2024).

Terlebih melalui event tersebut dirinya berharap bisa menjadi ruang untuk menjaring bibit atlet berkuda di Kota Malang. Selain tentu menjadi ruang bagi atlet berkuda Kota Malang untuk mengasah mentalnya dalam bertanding.

“Selain kita menjaring atlet berkuda yang ada di Kota Malang, kami juga dengan adanya event ini di Kota Malang tentu memberikan satu keinginan dari yang lain untuk bisa aktif atau senang dengan berkuda ini,” jelas Wahyu.

Sebab selama ini, event berkuda di Kota Malang menurutnya memang belum pernah digelar. Salah satunya, hal tersebut lantaran minimnya keberadaan sarana dan prasarana (sarpras) penunjangnya. Tentu dengan event tersebut, dirinya berharap juga dapat memunculkan dampak positif selain bagi atlet berkuda.

“Mungkin ada lain lain lagi yang akhirnya tertarik. Karena disini juga ada tempat yang menyediakan orang orang yang senang berkuda untuk menyalurkan hobinya,” pungkas Wahyu.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Malang, Hari Wibowo mengatakan, setidaknya ada sebanyak 175 peserta yang bertanding dalam event tersebut. Dan ada dua kategori yang dipertandingkan. Yakni Dressage dan Jumping Show.

“Malang Raya ikut semua. Lalu yang dari luar kota ada dari Banyuwangi, Jember, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya. Kalau kudanya ada 59 ekor, nah satu ekor kuda kan bisa digunakan beberapa rider,” ujar Hari.

Selain itu, ajang tersebut juga ia manfaatkan sebagai ruang untuk menjaring bibit atlet guna persiapan menyambut Porprov IX Jawa Timur pada tahun 2025 mendatang. Yang rencananya akan digelar di Kota Malang sebagai tuan rumahnya.

“Kita optimis menghadapi porprov 2025, kita punya semangat sukses jadi tuan rumah dan peserta. Dimana kita kemarin jadi runner up di Porprov VIII dan di Porprov 2025 kita harap bisa jadi juara umum,” pungkas Hari.(Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *