Hingga Akhir Februari, Agenda Perdin DPRD Kota Malang Ditiadakan

Foto Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika saat Reses (Ist)

Minggu, 4 Februari 2024

Malangpariwara.com – Agenda perjalanan dinas (perdin) keluar kota bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang untuk sementara waktu ditiadakan. Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika.

Menurut Made, hal tersebut dalam dimaksudkan agar fungsi anggota dewan sebagai lembaga legislatif masyarakat bisa tetap berjalan seimbang. Terutama dengan agenda kampanye pada tahapan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

“Saya selaku Ketua Banmus (badan musyawarah) tidak ada agenda anggota DPRD Kota Malang keluar kota sampai akhir Februari,” tegas Made, Minggu (4/2/2024).

Menurutnya, sebagai anggota legislatif yang juga aktif di dalam kepengurusan struktur partai politik, sudah menjadi kewajiban untuk menjaga kondusivitas di wilayah terkait Pemilu 2024. Hal itu juga ia tegaskan bagi anggota dewan lainnya.

“Kami wajib menjaga situasi kondusif di pemilu, karena seluruh anggota dewan adalah pengurus partai, wajib menenangkan konstituennya masing-masing,” terang Made.

Di sisi lain, meski agenda keluar kota ditiadakan, dirinya memastikan bahwa agenda audiensi harus tetap berjalan. Termasuk jika sewaktu-waktu ada penjadwalan untuk pembahasan bersama unsur Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

“Kalau ada agenda kedewanan seperti pembahasan ranperda, pasti akan segera kita tindak lanjuti. Karena kami semua sedang berada di Kota Malang,” jelas Made.

Termasuk jika ada agenda untuk audiensi bersama masyarakat. Selain itu, di sisa waktu masa jabatannya sebagai wakil rakyat, dirinya sebisa mungkin untuk mengoptimalkannya untuk menyerap aspirasi atau usulan dari warga.

“Makanya reses untuk terakhir masa jabatan kami, kami ambil di awal. Untuk digunakan sebagai bahan dalam memasukkannya ke pokir. Dasar untuk pokir paling kuat adalah reses. Jadi reses yang sekarang akan masuk di usulan pokir 2025, sehingga bisa masuk di RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Pemkot Malang,” jelas Made.

Sejauh ini, dirinya mengaku bahwa secara keseluruhan jajaran Anggota DPRD Kota Malang banyak melakukan kegiatan dengan turun langsung ke lapangan. Dengan tetap memadukan agenda kampanye sebagai anggota parpol.

“Disamping agenda kampanye sampai tanggal 10 Februari, sampai minggu tenang kami juga akan di lapangan, sampai masa pencoblosan kami juga akan mengawal suara partai di masing-masing wilayah,” pungkas Made.( Djoko W)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *