Sri Untari: Kabupaten Malang Punya Potensi yang Luar Biasa untuk Dikembangkan

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Dr. Sri Untari, jagongan bahas potensi Desa Pujon Kidul bisa dijadikan contoh dalam membangun dan mengembangkan desa wisata.

MALANG – Potensi wisata di Kabupaten Malang cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya destinasi wisata dari pantai hingga desa wisata yang mampu menarik wisatawan. Salah satu contoh desa wisata di Kabupaten Malang yang sedang naik daun adalah di kawasan Pujon Kidul.

.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Dr. Sri Untari, mengatakan sebenarnya Desa Pujon Kidul bisa dijadikan contoh dalam membangun dan mengembangkan desa wisata.

.
“Desa wisata di Pujon Kidul ini sangat luar biasa, dan bisa dijadikan contoh pengembangan desa wisata tak hanya di Jawa Timur melainkan di Indonesia,” kata Sri Untari.

.
Ia menjelaskan, Desa Wisata Pujon Kidul dengan pesona keindahan alamnya ternyata mampu menarik sekitar 700 hingga 1000 wisatawan pada hari biasa. Jumlah wisatawan membludak hingga sampai tembus 13 ribu orang terjadi pada saat akhir minggu atau weekend.

.
“Kondisi ini secara langsung akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya.

.
Selain itu, Untari menjelaskan, keberadaan desa wisata yang ramah dengan alam dan lingkungan ini, selain berdampak ekonomi juga memiliki dampak sosial yang baik.

.
Selama ini, kata Untari, banyak sekali warga pedesaan yang harus meninggalkan kampung halaman lantaran tidak ada pekerjaan. Sehingga banyak warga desa merantau, dan akibatnya desa menjadi tertinggal karena kekurangan sumber daya manusia.

.
“Itulah kenapa saya sangat mendukung pengembangan desa wisata. Pertama karena bisa membangkitkan geliat perekonomian. Kedua, akan tumbuh UMKM dan itu akan berdampak positif kepada sektor perekonomian,” bebernya.

.
Karena itu, sebagai anggota legislatif, Untari akan mengusulkan agar ada regulasi yang mengatur tentang desa wisata, sehingga aktifitas di kawasan tersebut memiliki payung hukum yang baik.(*) ( JKW )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *