Gali Potensi Generasi Muda UMM Gelar UKM Fair

Jum’at, 24 Juni 2022

Malangpariwara.com – Menjadi mahasiswa tidak hanya berkutat pada materi perkuliahan, tapi juga ada kegiatan lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bagian Minat Bakat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Frendy Aru Fantiro, M.Pd. di ajang UKM Fair UMM pada Kamis (23/6) lalu. Adapun rangkaian UKM Fair ini berlangsung dari 23-25 Juni ini.

Menariknya, banyak UKM yang memamerkan kegiatan serta piala yang sudah diperoleh. Mulai dari kejuaraan regional hingga internasional.

Adapula penampilan-penampilan unik dari masing-masing UKM agar para mahasiswa baru, khususnya angkatan 2020 dan 2021 untuk bergabung. Ada penampilan band, tari, pencak silat, taekwondo, hingga hal-hal lainnya.

Frendy, sapaan akrabnya mengatakan bahwa pandemi membuat UKM Fair sempat tidak terlaksana dalam dua tahun terakhir. Ini menjadi kegiatan pameran UKM pertama yang diselenggarakan dengan tujuan menarik minat dari para mahasiswa. Khususnya mereka yang berada di angkatan 2020 dan 2021.

“Ini juga menjadi bentuk dan upaya kami dalam memfasilitasi potensi serta prestasi dari mahasiswa. Di sinilah mereka bisa mengembangkan diri dan menggali bakat yang dimiliki,” tambah Frendy.

Sampai saat ini, Kampus Putih UMM telah memiliki 39 unit kegiatan yang bisa diikuti oleh mahasiswa. Jumlah itu akan terus bertambah seiring banyaknya minat serta bakat yang ada.

Terbaru, UMM juga membuka UKM E-Sport dan juga Biru Flying Club yang menjadi satu-satunya UKM berbasis dirgantara yang ada di Indonesia.

“Jadi pihak kampus mengupayakan yang terbaik untuk membentuk wadah bagi setiap mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan meraih prestasi-prestasi. Semoga dengan adanya UKM Fair ini, para mahasiswa bisa lebih memanfaatkan waktunya dengan lebih baik,” tambahnya.

Pada pameran itu, ada UKM yang berbasis seni, olahraga, olah pikir, bahkan juga game. Salah satu yang seringkali berprestasi adalah UKM Sepakbola UMM. Tim tersebut mampu membukukan juara di beberapa kompetisi. Misalnya saja juara liga mahasiswa 2018 Jawa Timur, Torabika Campus Cup, hingga runner up liga mahasiswa nasional season 7.

“Jadi di UKM ini kami upayakan berlatih seperti pemain profesional. Pelatihnya juga sudah berlisensi, begitupun dengan fasilitas yang sudah disiapkan dengan sangat baik. Kami juga memiliki dua tim, satu tim inti yang akan bertarung di kompetisi, kemudian ada juga tim kedua yang menjadi tempat seleksi. Sampai saat ini ada beberapa alumni yang sudah bermain di klub liga 2 dan juga liga 3,” ungkap pengurus UKM Sepak Bola UMM Ichbal Alarikhi.

Di sisi lain, ada pula unit kegiatan yang berfokus pada seni. Salah satunya Ikatan Aktivitas Band Mahasiswa (Ikabama) UMM. di sana, para mahasiswa akan turut serta bermain musik hingga mengadakan event musik. Baik itu yang bersifat daring maupun luring.

Mereka juga selalu menyusun album kompilasi band-band mahasiswa UMM dua tahun sekali. Beberapa band juga pernah tampil di Kickfest, menang di beberapa kompetisi seperti Fokus hingga Garasi Music. Bahkan dalam waktu dekat, mereka juga akan mengadakan event musik menarik secara offline.

“Tentu kami berharap bisa menemukan anggota-anggota baru yang berpotensi dari mahasiswa UMM. Kami juga akan memberikan wadah yang sesuai agar potensi yang dimiliki bisa dimaksimalkan. Apalagi selama ini kan eventnya hanya lewat platform-platform online,” ungkap Ketua Ikabama, Andira. (Djoko Winahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.