Bawaslu Rekomendasikan 4 TPS di Kota Malang Pemungutan b Ulang

Jum’at , 16 Februari 2024

Malangpariwara.com – Sebanyak 4 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Malang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Keempat TPS tersebut berada di Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Blimbing. Rekomendasi untuk dilakukan PSU tersebut lantaran adanya laporan terjadi kesalahan teknis di keempat TPS itu.

Keempat TPS itu disinyalir terjadi kesalahan teknis yakni warga yang tak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK) namun diperbolehkan untuk mencoblos di TPS tersebut.

“Mulanya dari data pemilik. Jadi bukan DPT bukan DPTb dan bukan DPK tapi dapat surat hak pilih. Nah itu yang jadi dugaan pelanggaran,” ujar Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Malang, Hasbi Ash Shiddiqy.

Selanjutnya, ada pemilih yang termasuk dalam DPTb, menerima surat suara lebih dari semestinya yang seharusnya diterima untuk dicoblos.

Atas dugaan pelanggaran tersebut, Bawaslu Kota Malang telah mengirimkan surat rekomendasi kepada KPU Kota Malang untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di 4 TPS tersebut. Yakni di 3 TPS di Lowokwaru dan 1 TPS di Blimbing.

“Iya, saya rekomendasikan itu untuk coblosan ulang ke KPU. Sudah kami sampaikan ke KPU,” imbuhnya.

Berdasarkan regulasi yang berlaku, pemungutan suara ulang itu harus dilakukan selambatnya H+10 pemilu. “Sesuai UU harusnya 10 hari setelah laporan hari ini,” tandasnya.

Sedangkan sebelumnya, informasi yang dihimpun media ini, ada sejumlah TPS di Kota Malang yang bermasalah dan berpotensi PSU. Yakni 2 TPS di Kelurahan Mojolangu, dan masing-masing satu TPS di Kelurahan Jatimulyo dan Dinoyo.

Catatan media ini, di 3 TPS yakni di Kelurahan Mojolangu dan Jatimulyo terdapat pemilih susupan. Dimana pemilih tersebut berasal dari luar kota dan hanya berbekal KTP tanpa surat keterangan pindah pilih.( Djoko W )

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *